Kunci Jawaban Halaman 29, 30, 31, 33 Tema 9 Kelas 5 SD/MI

kunci jawaban halaman 27 tema 9 kelas 5 pembelajaran 4 subtema 1

Begewa.com - Kelas 5 sd/mi Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 4 Kurikulum 2013 halaman 29, 30, 31, 33 - Kunci Jawaban buku tematik siswa tema 9 Benda benda di sekitar kita Kelas 5 subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran pembelajaran 4 kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 SD subtema 1 Pembelajaran 4


Hari ini Pak Tagor mengajak Siti dan teman-teman untuk melakukan kegiatan di luar kelas. Siti dan teman-teman menyambutnya dengan gembira. Ke mana mereka akan melakukan kegiatan?

Oh, ternyata mereka menuju ke belakang sekolah. Di sana terdapat hamparan sawah dan sungai. Dari belakang sekolah juga tampak daerah pegunungan. Pak  Tagor menjelaskan mengenai kenampakan alam Indonesia.

Ayo Mengamati

kunci jawaban halaman 28 kelas 5 tema 9 subtema 1 pembelajaran 4

Ketampakan alam disebut juga dengan istilah bentang alam. Indonesia memiliki bentang alam yang berbeda-beda di setiap daerah. Ada daerah dataran tinggi dan ada daerah dataran rendah. Ada penduduk yang tinggal di daerah pegunungan.

Ada juga penduduk yang tinggal di daerah pantai. Ketampakan alam dibagi menjadi dua bagian, yaitu ketampakan alam  wilayah daratan dan ketampakan wilayah perairan. Ayo, lakukan kegiatan berikut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 5 Tema 9 Halaman 29


Ayo Diskusi
Bentuklah kelompok terdiri atas empat anak. Carilah informasi mengenai kenampakan alam wilayah daratan dan ketampakan alam wilayah perairan beserta ciri-cirinya. Saat kelompokmu mencari informasi melalui internet, mintalah bantuan orang tua atau orang dewasa di sekitarmu.
Jawaban

kunci jawaban halaman 29 tema 9 kelas 5


Kunci Jawaban soal tematik tema 9 kelas 5 halaman 30


Ayo Membaca

Adaptasi Masyarakat Terhadap Ketampakan Alam Sekitar

Permukaan bumi tidak rata. Permukaan bumi ada yang tinggi dan ada yang rendah. Ketampakan alam adalah berbagai bentuk muka bumi yang terjadi secara alamiah. Ketampakan alam terdiri atas dua bagian pokok, yaitu  ketampakan alam berupa perairan dan ketampakan alam yang berupa daratan.

Daratan adalah tempat kita berpijak. Bentuk ketampakan alam berupa daratan bermacam-macam, contohnya gunung, pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, pantai, tanjung, dan delta.

Perairan merupakan bagian dari permukaan bumi yang tergenang air. Bentuk ketampakan alam perairan contohnya sungai, danau, dan laut.

Baca Juga :


Manusia melakukan adaptasi berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Manusia hidup beradaptasi sesuai dengan alam dan ketampakan alam di lingkungan tempat tinggal.

Adaptasi yang dilakukan meliputi jenis mata pencaharian utama, makanan, bentuk  tempat tinggal, pakaian yang dikenakan, peralatan rumah tangga, dan teknologi. Semua kegiatan itu menyesuaikan tempat mereka tinggal.

Kita dapat melihat hasil adaptasi masyarakat suatu daerah. Makanan dan barang-barang atau bendabenda khas dari daerah pegunungan berbeda dengan daerah pantai dan dataran rendah.

Dari bacaan di atas dapat disimpulkan bahwa benda-benda atau barangbarang di setiap daerah berbeda. Tidak hanya itu,  air di laut  juga  akan  berbeda dengan air di pegunungan. Dapatkah kamu membedakan air laut dengan air pegunungan? Tuliskan pada kolom berikut.
Jawaban
Perbedaan air laut di dengan air pegunungan, yaitu
Air Laut
- Memiliki Rasanya Asin
- Air bersumber dari aliran aliran sungai besar yang menuju lautan
- Air Laut dapat mengkristal

Air pegunungan
- Air Pegunungan memiliki Rasanya tawar dan dapat digunakan sebagai air minum
- Bersumber dari mata air
- Tidak dapat mengkristal, tetapi dapat membeku jika didinginkan

Jawaban soal tematik kelas 5 tema 9 halaman 31


Ayo Mengamati

Berbicara tentang air, perhatikan iklan berikut.

jawaban kelas 5 tema 9 subtema 1 pembelajaran 4 halaman 31

Apa isi kedua iklan pada gambar di atas?
Amatilah kedua iklan tersebut. Kemudian, ungkapkan pendapatmu mengenai iklan tersebut di hadapan teman-temannmu. Tuliskan juga pendapatmu pada kolom berikut.
Jawaban
Pada Gambar no 1 terdapat isi iklan penawaran pengisian ulang air minum merek aqua yang di kelolah secara higenis dan bersih.

Pada gambar no 2 terdapat isi iklan penawaran pemasangan air isi ulang dengan merek aceng pro tersedia dalam kota maupun diluarkota dan siap di pakai dan siap jual


Meskipun alam dan ketampakan alam daerah satu dengan daerahlainnya berbeda, kita sebagai masyarakat Indonesia harus menjunjungtinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan.

Untuk mewujudkan nilainilai persatuan dan kesatuan dapat dimulai dari hal-hal kecil yangada di sekitar kita. Perhatikan gambar dan uraian keterangan gambarberikut.

Pak Tagor mengajak Siti dan teman-teman membersihkan parit kecil di samping sekolah. Pak Tagor meminta anak-anak membersihkan sampah yang menghalangi aliran air.

Pak  Tagor juga meminta anak-anak mencabut rumputrumput ilalang di sepanjang parit. Siti dan teman-teman senang melakukan kegiatan itu. Mereka rukun dan bekerja sama demi lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman.

kunci jawaban halaman 32 tema 9 kelas 5 sd subtema 1

Hidup rukun sangat menyenangkan. Hidup rukun harus terjalin, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Siti bekerja sama dengan teman-teman seperti pada gambar di atas yang mencerminkan hidup rukun.

Selain yang  dicontohkan pada gambar, hidup rukun misalnya dengan membantu orang  yang membutuhkan atau sedang susah. Dengan hidup rukun, kita turut memperkuat persatuan dan kesatuan di Indonesia.

Kunci Jawaban buku tematik kelas 5 tema 9 subtema 1 pembelajaran 4 halaman 33


Ayo Berlatih

Apa manfaat hidup rukun bagi dirimu?

Tuliskan pada kolom berikut.
Jawaban
Manfaat hidup rukun bagi diri saya
1.Kehidupan lebih harmonis
2. Kita banyak teman
3. mempererat tali silaturami
4. Menghindari dari perselisihan
5. kehidupan akan aman dan tentram.

Atikel yang sedang anda baca yang berjudul Kunci Jawaban Halaman 29, 30, 31, 33 Tema 9 Kelas 5 SD/MI kurikulum 2013 revisi 2018.


Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat untuk kita bersama dan apa bila ada saran atau masukan mengenai artikel ini silakan komen dikolom komentar dibawah.