Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Halaman 197, 198, 199, 200, 202 Tema 7 Kelas 5 SD

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 197, 198, 199, 200, 202 - Kunci Jawaban buku tematik kelas 5 tema 7 Peristiwa dalam kehidupan subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran 6 Kurikulum 2013 revisi 2018

Jawaban Tema 7 Kelas 5 Subtema 3 Pembelajaran 6


Tema 7 kelas 5 halaman 197

Ingatlah sikap kepahlawanan dan patriotisme yang ditunjukkan oleh seorang guru. Manfaat apa yang kamu rasakan terhadap sikap kepahlawanan dan patriotisme guru? 

Karena guru, kamu bisa membaca, menulis, dan berhitung serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kamu pun diarahkan untuk menguasai berbagai keterampilan.

Bisakah kamu membayangkan jika seorang guru tidak memiliki sikap kepahlawanan dan patriotisme? Pasti kamu akan menjadi anak yang miskin ilmu dan keterampilan. 

Kamu akan tumbuh menjadi generasi yang tertinggal. Guru merupakan pahlawan masa kini bagi kita. Kita harus menghargai jasajasanya.

Berbagai peristiwa dari masa penjajahan, pergerakan dan kebangkitan nasional, Proklamasi Kemerdekaan, dan usaha mempertahankan kedaulatan bangsa dan negara telah melahirkan banyak pejuang dan pahlawan bagi bangsa kita. 

Jasa mereka begitu besar. Kita pun harus bisa menghargainya. Bagaimanakah caranya? Bacalah bacaan berikut dengan saksama.

Ayo Membaca

Menghargai Jasa Para Pahlawan

Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawan. Pepatah itu mengingatkan kita untuk selalu menghargai jasa para pahlawan. 

Para pahlawan telah berjuang dengan mengorbankan harta, benda, jiwa, bahkan nyawanya untuk meraih kemerdekaan seperti yang sekarang ini kita nikmati. 

Berkat pengorbanan dan pengabdiannya, bangsa kita bisa terlepas dari penjajahan dan menjadi negara yang merdeka, bebas, dan berdaulat.

Kini kamu sebagai putra putri penerus bangsa mempunyai tugas untuk meneruskan cita-cita para pahlawan. 

Kamu berkewajiban melanjutkan perjuangan pahlawan sebagai pahlawan pembangunan mewujudkan bangsa Indonesia yang sejahtera, aman, damai, tertib, tenteram, dan bahagia. 

Dengan demikian, kamu telah turut menghargai jasa para pahlawan.

Untuk menjadi pahlawan pembangunan, kamu dapat menerapkan nilainilai kepahlawanan yang telah ditunjukkan mereka. Berikut nilai-nilai kepahlwanan yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-harimu.

1. Rela Berkorban

Sikap rela berkorban adalah sikap yang lebih mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi. Sikap rela berkorban dapat dibiasakan di lingkungan rumah, keluarga, dan masyarakat. Kita harus peduli kepada orang lain.

2. Berjiwa Besar

Berjiwa besar adalah sikap yang mau menerima segala yang terjadi dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Berjiwa besar dapat diwujudkan dengan mau menerima kekalahan dengan ikhlas, meminta maaf dan memberi maaf.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 7 Halaman 197

Ayo Berlatih

Pahamilah bacaan di atas! Kemudian, tuliskan cara menghargai jasa para pahlawan bangsa!

Tema 7 Kelas 5 subtema 3 pembelajaran 6

Jawaban
  • Lebih mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi
  • Peduli kepada orang lain
  • Mengisi kemerdekaan dengan belajar dan bekerja sungguh-sungguh
  • Mengembangkan sikap rela berkorban

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 7 Halaman 198, 199

Ayo Berlatih

Ayo Belajar dari Masalah

1. Bel tanda masuk berbunyi. Semua siswa masuk kelas. Ketika akan masuk kelas, tidak sengaja Bambang menginjak kaki Heru.
 
Bambang minta maaf kepada Heru. Tetapi, Heru justru memarahi Bambang. Heru menganggap Bambang sengaja menginjak kakinya. Persoalan sepele tersebut menjadi besar.

Jika kamu menjadi Heru, tindakan apakah yang akan kamu lakukan kepada Bambang?
Jawaban
Jika menjadi Heru sebaiknya memaafkan apa yang telah dilakukan Bambang, hal ini dikarenakan Bambang tidak sengaja dan tidak ada niat sengaja menginjak kaki Heru

Jika kamu menjadi Bambang, tindakan apakah yang akan kamu lakukan kepada Heru?
Jawaban
Jika menjadi Bambang pasti akan meminta maaf kepada Heru, serta menjelaskan apa yang telah dilakukannya adalah tidak sengaja dan berjanji akan lebih berhati-hati lagi

2. Di kelasmu sering diadakan ulangan harian. Pernakah kamu mendapat nilai yang kamu harapkan dan nilai yang tidak kamu harapkan?

Bagaimana sikapmu ketika mendapat nilai yang kamu harapkan?
Jawaban
Kita patut bersyukur, dan nilai yang baik tersebut bisa dijadikan penyemangat, serta kembali belajar lebih giat karena mempertahankan nilai bagus lebih sulit dari merebut nilai bagus.

Bagaimana sikapmu ketika mendapat nilai yang tidak kamu harapkan?
Jawaban
Bisa dijadikan pelajaran dan dijadikan cambuk bagi diri sendiri untuk lebih giat lagi belajar

3. Di kelasmu, akan diadakan ulangan. Kamu ingin mendapat nilai bagus. Karena itu, kamu pun belajar dengan tekun.

Bagaimaan sikapmu saat menghadapi ulangan? Apa alasannya?
Jawaban
Pikiran harus tenang dan fokus serta tidak gugup. Tidak lupa berdoa. Belajar tetap digiatkan agar hasil yang diperoleh sesuai harapan. Dalam mengerjakan soal ulangan juga harus dipenuhi ketelitian dan kesabaran

Jika ada temanmu yang meminta jawabanmu, apakah kamu rela memberikannya? Mengapa demikian?
Jawaban
Sebaiknya ditolak, karena melanggar peraturan. Tidak dianjurkan bekerja sama dalam kejelekan.

4. Setiap berangkat ke sekolah, Andi dan Agus selalu bersama-sama. Mereka berjalan kaki. Saat berjalan kaki, tiba-tiba seorang nenek jatuh persis di hadapan mereka. 

Agus dan Andi terus berjalan karena takut terlambat masuk sekolah. Padahal, nenek itu membutuhkan pertolongan mereka untuk bisa berdiri

Apakah sikap Andi dan Agus mencerminkan sikap rela berkorban? Mengapa?
Jawaban
Sikap yang dilakukan Andi dan Agus tidak menunjukkan sikap rela berkorban. Mereka tidak rela berkorban datang terlambat dan dapat sangsi/hukuman demi perbuatan yang lebih mulia yaitu menolong seorang nenek yang sedang membutuhkan pertolongan.

Jika kamu menjadi Agus atau Andi, tindakan apa yang akan kamu lakukan?
Jawaban
Sebaiknya kita menolong nenek tersebut dan rela datang terlambat ke sekolah. Kita siap menerima hukuman karena menolong nenek tersebut nilainya lebih besar daripada datang tidak terlambat ke Sekolah.

5. Saat pak Guru sedang menjelaskan di depan kelas, ada dua orang temanmu yang asyik berbicara sendiri. Mereka tidak memperhatikan penjelasan pak Guru.

Bagaimana sikapmu terhadap dua temanmu itu? Mengapa demikian?
Jawaban
Dengan menegurnya dengan halus, karena mereka tidak menghargai Pak Guru yang sedang menjelaskan pelajaran, selain itu juga mengganggu teman-teman yang lain yang serius mendengarkan, serta tidak ikut-ikutan berbicara dengan mereka.

Bagaimana sikap yang seharusnya dilakukan oleh kedua temanmu saat Pak Guru sedang mengajar? Mengapa demikian?
Jawaban
Sebaiknya mereka mendengarkan apa yang disampaikan Pak Guru, karena menghargai tindakan yang dilakukan Pak Guru, serta dengan mendengarkan pelajaran Pak Guru juga memberi manfaat pada diri kita sendiri, yaitu bertambahnya wawasan dan ilmu pengetahuan.

Ayo Berkreasi

Sikap yang juga mencerminkan nilai-nilai kepahlawanan adalah cinta tanah air. Sikap cinta tanah air dapat diwujudkan dengan berbagai cara, salah satunya mengembangkan dan melestarikan budaya bangsa. 

Unsur budaya bangsa yang dapat kamu pelajari dan kamu kembangkan adalah seni lukis daerah.

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah belajar mengenai pengertian, ciri, contoh, dan bahkan kamu telah mencoba menerapkannya dengan memadukannya ke dalam surat udangan. 

Sekarang, buatlah karya seni lukis daerah berupa gambar kesenian yang berasal dari suku bangsa atau daerahmu sendiri.

Sebagai contoh, amatilah gambar-gambar berikut!

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5

Lukisan-lukisan tersebut hanya sebagian dari karya yang menggambarkan keanekaragaman kesenian yang ada di Indonesia. Ayo, kamu juga dapat membuat lukisan kesenian lainnya.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 7 Halaman 202

Ayo Renungkan 

Kamu telah mempelajari materi yang dapat mengantarkanmu menjadi seorang pahlawan, baik bagi dirimu sendiri, orang lain, keluarga, maupun bangsa dan negara. 

Selanjutnya, kamu tentu akan berusaha membiasakan perilaku-perilaku yang dapat mendukungmu menjadi pahlawan. 

Bagaimana wujud perilaku yang akan kamu lakukan? Apakah perilaku tersebut sudah kamu biasakan mulai dari sekarang?

Isilah tabel berikut ini dengan perilaku-perilaku yang dimiliki oleh pahlawan. 

Catatlah apakah kamu sudah membiasakan untuk melaksanakannya atau belum.

kunci jawaban halaman 202

Kerja Sama dengan Orang Tua

Buatlah cerita tentang pengorbanan orang tua terhadapmu sebagai perwujudan sikap rela berkorban!
Jawaban
Kalian bisa membuat cerita bagimana orang tuamu mengasuhmu ketika masih kecil mintalah bimbingan dengan orang yang ada di sekitar kalian.

Demikianlah artikel yang berjudul Kunci Jawaban buku tematik siswa kelas 5 tema 7 subtema 3 pembelajaran 6, semoga bermanfaat..Terima kasih

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Halaman 197, 198, 199, 200, 202 Tema 7 Kelas 5 SD"