Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Tematik Halaman 164, 165, 166, 168, 172 Kelas 5 Tema 7

Kunci Jawaban Buku siswa Tema 7 Kelas 5 Halaman 164, 165, 166, 168, 172 - Kunci jawaban tema 7 adalah alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas 5 Peristiwa dalam kehidupan Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan pembelajaran 2 pada halaman 164, 165, 166, 168, 172

Buku siswa yang digunakan kelas 5 SD/MI merupakan buku paket tematik terpadu kurikulum 2013 K13

Untuk itu, kami ingin berbagi untuk mebantu adik adik yang sedang duduk disekolah dasar kelas 5, untuk menemukan jawaban soal latihan yang ada pada buku tematik kelas 5 tema 7 subtema 3 pembelajaran 2 pada halaman 164, 165, 166, 168, 172

Tema 7 Kelas 5 SD/MI Subtema 3 Pembelajaran 2


kunci jawaban tema 7 kelas 5 pembelajaran 2 subtema 3


Ayo Membaca

Peran Pelajar dalam Mengisi Kemerdekaan

Negara Kesatuan Republik Indonesia kini telah menjadi negara yang berdaulat dan merdeka. Sebagai negara yang telah merdeka, adalah tugas warga negaranya untuk melakukan kegiatan-kegiatan mengisi kemerdekaan sesuai dengan peran masing-masing.

Pelajar merupakan salah satu warga negara yang memiliki peran dan tugas yang harus dilaksanakan untuk mengisi kemerdekaan. 

Pelajar merupakan bagian dari pemuda bangsa yang akan menjadi penerus bangsa ini. 

Sebagai generasi penerus bangsa, para pelajar dituntut bekerja keras dan belajar dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitas dirinya. 

Ya, generasi berkualitas pasti diperlukan untuk memajukan bangsa.

Belajar tidak hanya dilakukan di lingkungan sekolah. Belajar dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan kemasyarakatan yang sangat berguna untuk mengasah rasa peduli dan cinta tanah air. 

Kegiatan-kegiatan seperti pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), menjadi duta seni, kegiatan olahraga, merupakan beberapa kegiatan yang berdampak baik bagi peningkatan kualitas diri pelajar. 

Dengan demikian pelajar terhindar dari kegiatan negatif yang dapat menimbulkan masalah dalam masyarakat, seperti tawuran antarpelajar atau terjerumus dalam tindakan kekerasan serta pelanggaran hukum lainnya.

Perjuangan pelajar sebagai generasi muda saat ini tidak lagi mengangkat senjata dan berlaga di medan perang melawan penjajah yang tampak. 

Masa itu telah berlalu. Pelajar sebagai generasi penerus bangsa harus berjuang untuk melawan kebodohan, kemiskinan, rasa malas, rasa mudah menyerah yang dapat merugikan masyarakat dan bangsa. 

Generasi muda Indonesia harus sehat jiwa dan raganya. Ia harus berpendidikan, pantang menyerah,pekerja keras, kreatif, berakhlak mulia, cinta tanah air dan bangsa.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 164

Dari bacaan di atas, temukanlah kosakata baku dan tidak baku. Lalu, carilah artinya dengan menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya pada guru, atau berdiskusi.
Jawaban
kunci jawaban tematik

Ayo Berlatih

Setelah itu, ceritakan kembali isi bacaan yang berjudul “Peran Pelajar dalam Mengisi Kemerdekaan” dengan menggunakan kata-katamu sendiri. Gunakan kalimat yang efektif.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 165

Ayo Mencoba

Salah satu peran yang ditunjukkan oleh pelajar dalam mengisi kemerdekaan adalah dengan belajar giat dan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif. 

Carilah informasi mengenai perilaku dan kegiatan positif yang dapat dilakukan pelajar di lingkungan-lingkungan berikut! Perhatikan contoh yang telah dibuat untuk membantumu.
Jawaban
Peran Pelajar dalam Mengisi Kemerdekaan

Negara Kesatuan Republik Indonesia kini telah menjadi negara yang berdaulat dan merdeka. Sebagai negara yang telah merdeka, adalah tugas warga negaranya untuk melakukan kegiatan-kegiatan mengisi kemerdekaan sesuai dengan peran masing-masing.

Pelajar merupakan salah satu warga negara yang memiliki peran dan tugas yang harus dilaksanakan untuk mengisi kemerdekaan. Pelajar merupakan bagian dari pemuda bangsa yang akan menjadi penerus bangsa ini. Sebagai generasi penerus bangsa, para pelajar dituntut bekerja keras dan belajar dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitas dirinya. Ya, generasi berkualitas pasti diperlukan untuk memajukan bangsa.

Belajar tidak hanya dilakukan di lingkungan sekolah. Belajar dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan kemasyarakatan yang sangat berguna untuk mengasah rasa peduli dan cinta tanah air. Kegiatan-kegiatan seperti pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), menjadi duta seni, kegiatan olahraga, merupakan beberapa kegiatan yang berdampak baik bagi peningkatan kualitas diri pelajar. Dengan demikian pelajar terhindar dari kegiatan negatif yang dapat menimbulkan masalah dalam masyarakat, seperti tawuran antarpelajar atau terjerumus dalam tindakan kekerasan serta pelanggaran hukum lainnya.

Perjuangan pelajar sebagai generasi muda saat ini tidak lagi mengangkat senjata dan berlaga di medan perang melawan penjajah yang tampak. Masa itu telah berlalu. Pelajar sebagai generasi penerus bangsa harus berjuang untuk melawan kebodohan, kemiskinan, rasa malas, rasa mudah menyerah yang dapat merugikan masyarakat dan bangsa. Generasi muda Indonesia harus sehat jiwa dan raganya. Ia harus berpendidikan, pantang menyerah, pekerja keras, kreatif, berakhlak mulia, cinta tanah air dan bangsa.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 166

Ayo Berkreasi

Catatan Harianku
Buatlah tabel catatan kegiatanmu sehari-hari. Siapkan dua tabel. Tabel pertama berisi catatan kegiatan positif yang kamu lakukan dalam sehari. Tabel kedua berisi catatan kesalahan.

Jila kamu melakukan perbuatan baik, kamu berhak mendapatkan tanda bintang pada tabel kebaikan. Misalnya, kamu baru saja membantu ibu menyapu lantai. Kamu dapat menulis sendiri dan membubuhkan tanda bintang.

Begitu pula dengan kesalahan. Catatlah kesalahan yang kamu perbuat dan berilah tanda sedih

Mintalah bantuan orang tuamu untuk mengamati. Di akhir pekan, hitunglah jumlah bintang dan tanda sedih. Bandingkanlah, berapa banyak kamu berbuat kebaikan dan berapa banyak kamu berbuat kesalahan. Dengan demikian, kamu akan bisa mengontrol perilakumu.
Jawaban
Kebaikan yang kuperbuat : (silakan pilih)
  • Menyapu lantai
  • Mencuci baju sendiri
  • Mencuci piring sendiri setelah makan
  • Merapikan buku setelah belajar
  • Merapikan mainan setelah bermain
  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Bangun tepat waktu
  • Menjalankan perintah ibu
  • Menjalankan perintah ayah
  • Memberi sedekah ke pengemis/fakir miskin
Kesalahan yang kuperbuat : (silakan pilih)
  • Lupa beribadah
  • Tidak mengerjakan PR
  • Bermain sampai lupa waktu
  • Tidak mau menjaga adik
  • Berkelahi
  • Merusak fasilitas umum
  • Buang sampah sembarangan
  • Bangun telat
  • Tidak meletakkan baju ganti pada tempatnya
  • Mencoret-coret tembok tetangga
Tahukah Kamu?
Banyak kegiatan positif yang dapat dilakukan oleh pelajar di sekolah. Dengan mempelajari fenomena alam di sekitar kita, kamu dapat memahami apa yang sedang terjadi di sekitarmu. 

Sebelumnya, kamu telah melakukan percobaan tentang penyubliman sebagai salah satu perubahan wujud benda karena kalor. 

Sekarang, kamu akan melakukan percobaan untuk menunjukkan perubahan wujud benda yang juga disebabkan oleh kalor,yaitu peristiwa pengkristalan.

Pengkristalan ialah perubahan wujud benda dari gas menjadi padat dengan proses pelepasan maupun penyerapan kalor. Contoh peristiwa pengkristalan dengan proses pelepasan kalor adalah salju dan gas yang didinginkan.

Contoh peristiwa pengkristalan dengan penyerapan kalor adalah pada proses pembuatan garam. Garam dibuat dari air laut, kemudian diuapkan dengan sinar matahari di dalam petak-petak hingga tersisa kristal-kristal garam.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 168

Ayo Mencoba

Lakukan percobaan berikut di dalam kelompok!

PERCOBAAN 
Mengamati perubahan wujud benda
Alat dan Bahan
• 4 buah batu bata untuk membuat tungku 
• 1 buah lilin
• 1 buah kaleng susu bekas 
• Air laut atau larutan garam

Cara Kerja
1. Buatlah tungku dengan meletakkan dua tingkat batu bata secara sejajar, berikan ruang di tengah untuk lilin yang telah dinyalakan.
2. Isi kaleng susu dengan air laut hingga setengah bagian.
3. Jika tidak ada air laut, larutkan satu sendok makan garam dapur dengan setengah kaleng air suhu ruang.
4. Letakkan kaleng susu bekas berisi air laut atau larutan garam ke atas tungku.
5. Diamkan hingga air di dalam kaleng mendidih dan menyusut. Amati apa yang terjadi.

Tuliskanlah hasil kesimpulanmu dari kegiatan percobaan tersebut di tempat yang tersedia.
Jawaban
Hasil Kesimpilan
Pembuatan garam dari air laut yang dilakukan dengan cara proses penguapan dengan menggunakan pemanasan lilin menunjukan perubahan wujud dari benda gas menjadi benda padat atau yang disebut dengan pengkristalan. Peristiwa mengkristal merupakan kebalikan dari menyublim.

Sebagai generasi penerus bangsa, kamu tentu tahu bahwa pelajar harus berusaha untuk meningkatkan kualitas dirinya. Selain memahami ilmu pengetahuan, seorang pelajar juga harus dapat menyeimbangkan dirinya dengan kemampuan untuk memahami dan menikmati keindahan di sekitarnya. Salah satu keindahan yang dapat dinikmati adalah seni rupa.

Hasil karya seni rupa telah menjadi bagian dari peradaban manusia, termasuk nenek moyang kita. Bentuk seni rupa seperti seni tekstil (batik, tenun, dan songket), seni anyam, seni ukir, seni keramik, seni lukis, dan seni patung. Keindahan karya-karya seni rupa terdapat pada bentuk dan warnanya. Dengan mengenal berbagai bentuk karya seni rupa, kamu dapat merasakan keindahannya dengan baik. Mari kita simak bacaan berikut ini untuk memahami berbagai jenis seni rupa tanah air sejak zaman nenek moyang kita dahulu.

Ayo Membaca

Seni Rupa Daerah Indonesia

Seni rupa daerah adalah seni rupa yang terdapat di berbagai daerah di Indonesia. Seni rupa daerah dapat disebut juga seni rupa tradisional karena dikerjakan secara turun-temurun di suatu daerah. 

Seni rupa daerah dapat berupa seni kerajinan, seni lukis, dan seni patung. Seni kerajinan meliputi seni tekstil (batik, tenun, dan songket), seni anyam, seni ukir, seni keramik. 

Hasil karya seni tekstil dan seni lukis berbentuk dua dimensi, yaitu memiliki ukuran panjang dan lebar. 

Hasil karya seni anyam, seni keramik, dan seni patung pada umumnya berbentuk tiga dimensi, yaitu memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi atau memiliki volume.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 7 Halaman 172

Ayo Berlatih

Bersama temanmu, isilah kolom-kolom di bawah ini dengan keterangan sesuai dengan jenis-jenis seni rupa daerah yang dapat kamu temukan di daerah sekitar tempat tinggalmu! Kamu dapat mencari bahannya dari buku, ensiklopedia, majalah, atau internet.
Jawaban

kunci jawaban halaman 172

kunci jawaban halaman 172

Demikianlh artikel dengan judul kunci jawaban buku siswa tema 7 kelas 5 Kurikulum 2013 halaman 164, 165, 166, 168, 172

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa Tema 7 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) dapat memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Tematik Halaman 164, 165, 166, 168, 172 Kelas 5 Tema 7"

Berlangganan via Email