Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ringkasan Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Halaman 32, 33, 34, 35, 36, 38, 39,40

Ringkasan Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia, Subtema 1 Organ Gerak Hewan, Halaman 32, 33, 34, 35, 36, 38, 39, 40

Tema 1 Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajaran 4


kunci jawaban kelas 5 tema 1 pembelajaran 4

Tata letak bangunan, sanitasi, jalan, dan pembuangan limbah kandang kelinci Pak Rudi sangat rapi. Dengan demikian, setiap pengunjung yang datang akan merasa nyaman. 

Sebelum membangun kandang kelinci, Pak Rudi telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan membuat denah.

Tahukah kamu apa itu denah? Denah merupakan gambaran tentang tata letak dalam suatu ruangan atau tempat. 

Gambaran yang lebih luas dibandingkan dengan denah adalah peta. Peta merupakan gambaran dengan menggunakan skala tertentu mengenai suatu daerah.

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah mengetahui luas dan letak wilayah Negara Indonesia dengan menggunakan peta. Dengan peta kita juga bisa mengetahui kondisi geografis negara Indonesia.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 32, 33, 34, 35

Ayo Mengamati

Amatilah peta pada pembelajaran sebelumnya. Tuliskan kondisi geografis wilayah Indonesia, khususnya kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.
Jawaban

kunci jawaban tematik kelas 5 tema 1 pulau jawa

kunci jawaban tematik kelas 5 tema 1 pulau jawa



kunci jawaban tematik


Ayo Berdiskusi

Setelah kamu mengetahui kondisi geografis pulau-pulau besar yang ada di Indonesia, buatlah kesimpulan kondisi geografis wilayah Indonesia secara umum.
Bandingkan hasil kesimpulanmu dengan temanmu.
Mintalah pendapat dan penjelasan dari bapak atau ibu guru.
Jawaban
Wilayah Indonesia yang berupa kepulauan, antara pulau satu dengan yang lainnya disatukan oleh laut mengakibatkan bervariasinya potensi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Masing-masing pulau memiliki karakteristik masing- masing, mulai dari kondisi alam maupun kondisi sosial-budayanya.

Variasi dan karakteristik potensi tersebut terlihat dari lengkap dan beragamnya bentang alam dan hasil alamnya, beragamnya suku bangsa yang mengakibatkan beragam pula ada istiadat dan budayanya, serta beragamnya agama, golongan, dan kelompok masyarakatnya. 

Keberagaman yang disebabkan adanya perbedaan antara pulau satu dengan pulau yang lainnya ini tidaklah menjadi pemecah dan perenggang, namun justru menjadi pemersatu, karena antara yang satu dengan yang lain bisa saling melengkapi.

Kondisi geografis wilayah Indonesia adalah kepulauan dengan duapertiga wilayahnya berupa perairan. Bentang alam Indonesia sangat lengkap dan bervariasi mulai dari pantai, dataran rendah, lembah, padang rumput, rawa, sungai, hutan, dataran tinggi, bukit dan perbukitan, serta gunung dan pegunungan. 

Di Indonesia juga banyak terdapat gunung berapi, danau, dan sungai, baik sungai besar maupun kecil, sungai panjang atau pun pendek. Antara pulau yang satu dengan pulau yang lainnya memiliki karakteristik kondisi geografis yang berbeda-beda. Demikian pula dengan hasil alamnya.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 36

Ayo Mencoba

Setelah kamu mengetahui kondisi geografis wilayah negara Indonesia, sekarang giliranmu untuk mengetahui kondisi geografis wilayah tempat tinggalmu. Gambarkan ke dalam sebuah peta sederhana.

Untuk mendapatkan data dan informasi yang akurat, kamu bisa melakukan pengamatan langsung dan bertanya kepada para pengurus RT dan RW ataupun tokoh masyarakat di wilayah tempat tinggalmu.
Jawaban
Jawaban disesuaikan oleh siswa berdasarkan Kondisi Geografis Wilayah Tempat Tinggal

Luas, letak, dan kondisi geografis negara Indonesia merupakan modal dasar yang sangat penting bagi pembangunan nasional dan pemerataan hasilhasilnya. 

Namun demikian, semuanya itu harus didukung dengan perilaku dan sikap positif yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam silasila Pancasila. 

Sikap dan perilaku negatif yang bertentangan dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila akan menjadi penghambat pembangunan nasional.

Ayo Membaca

Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan

Gotong royong merupakan modal dasar bagi terciptanya suasana kemasyarakatan yang harmonis. Mengapa demikian? Karena dengan bergotong royong, masyarakat akan sering melakukan silaturahmi dan kerja sama, sehingga terjalinlah solidaritas. 


Seiring dengan munculnya rasa solidaritas inilah, akan muncul juga rasa empati dan simpati di antara masyarakat yang akan mempererat dan memperkuat hubungan masyarakat.

Tidak ada perbedaan dalam prinsip gotong royong. Gotong royong adalah kerja bersama, memeras keringat secara bersama, dan perjuangan saling bantu membantu secara bersama. Gotong royong dilakukan demi mencapai tujuan bersama. Tidak mempedulikan agama, suku, ataupun golongan.

Prinsip-prinsip gotong royong sangat bermanfaat bagi pelaksanaan pembangunan nasional. Karena semua masyarakat merasa saling memiliki. 

Masyarakat juga merasa mempunyai tujuan yang sama, yakni terwujudnya kehidupan yang sejahtera. 

Dengan bergotong royong, segala program pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah akan dapat dilaksanakan dengan baik tanpa adanya gangguan yang disebabkan oleh Ketidakharmonisan masyarakat.

kunci jawaban tematik kelas 5 tema 1 pembelajaran 4 halaman 37

Kunci Jawaban Tematik Halaman 38

Ayo Berlatih

Sebutkan ide pokok masing-masing paragraf pada teks “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.

kunci jawaban keas 5 tema 1 pembelajaran 4 halaman 38

Kunci Jawaban Tematik Halaman 39

Ayo Menulis

Berdasarkan ide pokok berikut, kembangkan menjadi sebuah paragraf.
Jawaban

kunci-jawaban-tematik-kelas-5-halaman-38-39

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 1 Halaman 40 

Ayo Renungkan

1. Dengan mengamati peta, kamu telah mengetahui kondisi geografis Indonesia dan kondisi geografis tempat tinggalmu. Apa yang dapat kamu lakukan untuk memanfaatkan kondisi geografis lingkungan atau wilayah tempat tinggalmu?
Jawaban
Memanfaatkan yang berhubungan dengan ekonomi seperti mendirikan sebuah perusahaan sehingga bisa menyerap tenaga kerja yang berkulitas

2. Gotong royong dan musyawarah merupakan contoh perilaku yang mencerminkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.Masihkah kedua perilaku tersebut diterapkan di wilayah tempat tinggalmu? Sebutkan contohnya!
Jawaban
Ya, masih
Contohnya Membantu teman yang sedang terkena musibah, membersikan lingkungan dan lain lain

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ceritakan kepada orang tuamu perilaku-perilaku yang telah kamu lakukan yang menunjukkan pengamalan nilai-nilai luhur sila-sila Pancasila.
Jawaban
1.Ketuhanan yang maha esa
Saya menghargai teman saya yang sedang beribadah

2.Kemanusiaan yang adil dan beradap
Bahwa saya sebagai Bangsa indonesia sebagaimana yang memeluk Ciptaan Tuhan Yang maha Esa dan Yang harus di junjung Tinggi Harkat Serta Martabanya tanpa membeda bedakan Agama,Suku dan Budaya keturunan.

3. Persatuan indonesia
Kita sebagai bangsa indonesia harus bersatu meskipun berbeda beda suku ...

4.Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan” memiliki makna
Saya sebagai bangsa indonesia harus Mengutamakan kepentingan negara diatas kepentingan diri sendiri

5.Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia
Saya dapat berlaku adil terhadap satu sama lain, tidak membeda-bedakan, teman yang lain.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Ringkasan Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Halaman 32, 33, 34, 35, 36, 38, 39 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. SELAMAT BELAJAR

Posting Komentar untuk "Ringkasan Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Halaman 32, 33, 34, 35, 36, 38, 39,40"

Berlangganan via Email