Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 5 Halaman 42, 44

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Halaman 42, 44 - Pembelajaran Kelas 5 Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Pembelajaran 5 Halaman 42, 44

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Pada pembelajaran 5 subtema 1 tema Udara Bersih Bagi Kesehatan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara sendiri sendiri. Untuk itu kami membantu untuk menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan kunci jawaban soal yang terdapat pada Halaman 42, 44

Tema 2 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 5


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Halaman 42

Ayo Membaca


Bernapas Membutuhkan Kekuatan Otot


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 1

Bernapas adalah kegiatan menghirup oksigen ke dalam tubuh dan membuang karbon dioksida dari dalam tubuh. Kegiatan bernapas membutuhkan kekuatan otot. Otot pernapasan utama adalah diafragma. Diafragma terdapat di dalam tubuh di bagian bawah rongga dada. Diafragma berbentuk seperti kubah.

Saat kita menghirup udara, diafragma akan berkontraksi menjadi lebih datar. Saat itu paru-paru membesar untuk dapat menampung udara yang kita hirup. Saat kita menghirup udara, otot-otot tulang rusuk mengangkat tulang rusuk kita sehingga paru-paru membesar.


Sebaliknya, saat membuang napas, otot diafragma akan relaksasi dan otot tulang rusuk mengendur. Paru-paru mengkerut lagi ke ukurannya yang lebih kecil dan mengembuskan udara pengap berisi karbon dioksida.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 42


Ayo Membaca


Dari bacaan “Bernapas Membutuhkan Kekuatan” di atas, buatlah bagan yang menunjukkan cara kerja diafragma saat kita bernapas.
Jawaban dapat dilihat pada gambar “Gerakan Otot Diafragma Saat Bernafas” Pada Halaman 41
 
Bernapas merupakan kegiatan yang sangat penting. Pernapasan kita dapat dilatih dengan berolahraga. Dengan organ pernapasan yang terlatih baik, kamu dapat mengatur pernapasan dengan lebih baik.
 

Kunci Jawaban Tematik Halaman 44


Ayo Renungkan

Bagaimana pengaruh otot diafrgama terhadap proses pernapasan pada manusia?
Jawaban
Ketika otot diafragma berkontraksi, diafragma akan mendatar sehingga rongga dada membesar, akibatnya udara pernapasan akan masuk ke dalam rongga dada.
Ketika otot diafragma berelaksasi, diafragma akan melengkung ke atas sehingga rongga dada menyempit, akibatnya udara pernapasan akan dikeluarkan dari rongga dada menuju lingkungan.

Kerja Sama dengan orang tua


Mintalah orang tuamu menceritakan permainan dan lagu masa kecil mereka.
Jawaban
Adik di minta menayakan lagu masa kecil mereka

Mintalah mereka mengajarimu cara melakukan permainan itu dan menyanyikan lagu masa kecil mereka itu.
Jawaban
Adik adik minta di ajari cara memainkan dan menyanyikan lagu yang di sukai orang tua adik semasa dulu sukai.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 2 subtema 1 pembelajaran 5 Halaman 42, 44 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 5 Halaman 42, 44"