Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 2 Halaman 81, 84

Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 81, 84 - Pembelajaran Kelas 5 Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan Pembelajaran 5 Halaman 81, 84

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Pada pembelajaran 5 subtema 2 Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara sendiri sendiri. Untuk itu kami membantu untuk menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan kunci jawaban soal yang terdapat pada Halaman 81, 84

Tema 2 Kelas 5 Subtema 2 Pembelajaran 5


Saat lomba, Dani merasa sesak napas. Dani menderita asma sehingga mudah sesak napas. Untunglah Dani selalu membawa botol spray untuk melegakan pernapasannya. Asma merupakan salah satu penyakit yang menyerang organ pernapasan. Adakah penyakit lain yang menyerang organ pernapasan? Bacalah uraian berikut.

Penyakit pada Sistem Pernapasan

Organ pernapasan manusia terdiri atas hidung, tenggorokan, dan paruparu. Setiap organ tersebut dapat mengalami gangguan akibat kuman penyakit yang berasal dari lingkungan atau kebiasaan hidup tak sehat. Berikut beberapa contoh gangguan pada sistem pernapasan manusia.

1. Emfisema, merupakan penyakit pada paru-paru. Paru-paru mengalami pembengkakan karena pembuluh darah pada paru-paru kemasukan udara.

2. Asma, merupakan kelainan penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan oleh alergi debu, bulu, atau perubahan cuaca. Kelainan ini dapat diturunkan dan dapat kambuh jika suhu lingkungan cukup rendah atau keadaan dingin.

kunci jawaban tema 2 kelas 5

3. Kanker paru-paru. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit paling berbahaya. Sel-sel kanker pada paru-paru terus tumbuh tidak terkendali. Penyakit ini lama-kelamaan dapat menyerang seluruh tubuh. Salah satu pemicu kanker paru-paru adalah kebiasaan merokok.

4. Tuberkulosis (TBC), merupakan penyakit paru-paru yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Bakteri tersebut menimbulkan bintil-bintil pada dinding alveolus. Jika penyakit ini menyerang dan dibiarkan semakin luas, dapat menyebabkan sel-sel pada paru-paru mati. Akibatnya paruparu akan menguncup atau mengecil. Hal tersebut menyebabkan para penderita TBC napasnya sering terengah-engah.

5. Bronkitis, merupakan gangguan pada cabang batang tenggorokan akibat infeksi. Gejalanya adalah penderita mengalami demam dan menghasilkan lendir yang menyumbat batang tenggorokan. Akibatnya penderita mengalami sesak napas.

6. Influenza (flu), merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Penyakit ini timbul dengan gejala bersin-bersin, demam, dan pilek.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 81


Ayo Menulis

Buatlah daftar pertanyaan dan jawaban berdasarkan bacaan “Penyakit pada Sistem Pernapasan” di atas. 

Tuliskan dalam tabel seperti contoh berikut.
Jawaban

kunci jawaban tematik halaman 81

Ayo Bercerita

Pada Pembelajaran 2 kamu dan kelompokmu telah mencari informasi mengenai penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan dan dituliskan dalam bentuk bagan atau peta pikiran. Kini presentasikan hasil kegiatan kalian tersebut.


Kebiasaan hidup sehat akan meminimalkan kemungkinan kita terserang penyakit, termasuk penyakit pada sistem pernapasan. Salah satu kebiasaan hidup sehat adalah dengan selalu aktif melakukan latihan fisik. Latihan fisik tidak hanya dapat dilakukan melalui olahraga, tetapi juga dapat dilakukan dengan menari.

Pada Pembelajaran 2 kalian telah membuat kliping gambar tari-tari daerah yang menggunakan properti, bukan? Berikut gambar beberapa tarian daerah menggunakan properti.

Ayo Bercerita


Pada Pembelajaran 2 kelompokmu telah membuat kliping tari daerah yang menggunakan properti. Sekarang perlihatkan dan ceritakan kliping kelompokmu di depan kelompok lainnya.

Pada Pembelajaran 2 kamu dan teman-temanmu juga telah memilih dan akan berlatih salah satu tarian daerah menggunakan properti. Apakah kalian telah mengetahui gerakan-gerakannya? 
Perhatikan contoh beberapa gerakan tari Piring berikut.

Kunci Jawaban Halaman 84


Ayo Renungkan

Apa yang akan kamu lakukan supaya terhindar dari berbagai penyakit pada sistem pernapasan?
Jawaban
Makukan olahraga yang teratur, tidak merokok, makan-makanan bergizi tinggi dan seimbang dan memakai masker apabila di tempat umum (seperti jalanan).

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 2 subtema 2 pembelajaran 5 Halaman 81, 84 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 2 Halaman 81, 84"