Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Halaman 104, 105, 106, 108 Kelas 5 Tema 2

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 5 Halaman 104, 105, 106, 108 – Pembelajara Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 Udara Bersih bagi kesehatan, Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia, Pembelajaran 3.

Tema 2 Kelas 5 SD/MI Subtema 3 Pembelajaran 3


jawaban-tema-2-kelas-halaman-104-105-106-108

Kunci Jawaban Tematik Halaman 104

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan bacaan “Kelurahan Babakanpasar Luncurkan Gerakan Pungut Sampah” di atas.

1. Di mana lokasi daerah pada berita tersebut?
Jawaban
Kelurahan Babakanpasar Kota Bogor

2. Apa masalah yang dihadapi?
Jawaban
Masalah yang dihadapi adalah tentang kebersihan lingkungan dari sampah-sampah yang berserakan

3. Bagaimana penyelesaian yang diambil oleh pemerintah kota tersebut?
Jawaban
Dengan cara mengajak warga untuk melakukan Gerakan Pungut Sampah (GPS)

4. Mengapa semua masyarakat bertanggung jawab atas masalah sampah?
Jawaban
Karena sampah bukan hanya tanggung jawab pihak kelurahan atau orang per orang, tapi tanggung jawab semua masyarakat.

5. Apa keuntungannya jika masalah sampah dapat teratasi dengan baik?
Jawaban
Jika masalah sampah ini sudah teratasi dengan baik, selain lingkungan indah dipandang, warga masyarakat pun akan terhindar dari berbagai macam penyakit

Kunci Jawaban Tematik Halaman 105

Ayo Berdiskusi

Apa yang terjadi jika masyarakat tidak mau bertanggung jawab atas masalah sampah? Diskusikan dalam kelompokmu, lalu sampaikan hasilnya di depan kelompok-kelompok lain.
Jawaban
Lingkunan disekitar akan menjadi kotor dan bau, dan akan menimbulkan berbagai macam penyakit, bisa juga menyebabkan banjir akibat aliran air dan sungai tersumbat oleh sampah

Kunci Jawaban Tematik Halaman 106

Ayo Berdiskusi

Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut dalam bentuk diskusi panel bersama seluruh siswa dalam kelasmu.

1. Apa pendapatmu mengenai pekerjaan sebagai pemulung?
Jawaban
Pekerjaan sebagai pemulung adalah pekerjaan yang mulia karena para pemulung juga membantu mengurangi dan meminimalisir sampah-sampah yang ada di lingkungan seperti botol-botol plastik, koran bekas, majalah bekas, dan benda-benda lain yang dapat diolah lagi.

2. Apa pendapatmu mengenai usaha pembuatan benda-benda daur ulang?
Jawaban
Sangat apresiatif dan inspiratif karena mereka mampu memanfaatkan ulang bahkan menambah nilai dari benda yang sudah tidak terpakai.

3.Bagaimana cara menghargai jasa para pemulung?
Jawaban
Memilah sampah sesuai dengan kategorinya, tidak sembarangan membuat sampah.

4. Bagaimana cara menghargai usaha membuat benda-benda daur ulang?
Jawaban
Kita dapat ikut menghargai usaha jasa membuat benda-benda daur ulang dengan cara ikut menggunakan benda-benda daur ulang tersebut.

Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain

Kegiatan ekonomi yang dilakukan setiap orang melibatkan orang lain. Keterlibatan orang lain dapat dilihat dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Pada kegiatan produksi, orang yang terlibat adalah tenaga kerja. 

Pemakaian tenaga kerja dimaksudkan untuk memperlancar kegiatan produksi. Tenaga kerja akan memperoleh balas jasa dari produsen berupa upah atau gaji dari produsen. 

Selanjutnya, barang hasil produksi akan disalurkan kepada konsumen atau masyarakat oleh distributor. Dari kegiatan penyaluran barang tersebut, distributor akan memperoleh keuntungan. Contoh distributor adalah agen, pedagang besar, dan pedagang eceran.

Konsumen adalah pihak yang mengonsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Barang dan jasa diperoleh dari produsen secara langsung atau melalui perantara (distributor). 

Ketiga pelaku kegiatan ekonomi tersebut akan saling berhubungan membentuk arus diagram ekonomi. Coba temukan peran produsen, distributor, dan konsumen dalam perekonomian Indonesia. Selanjutnya, bahaslah bersama teman dan gurumu di kelas!

Setiap pelaku kegiatan ekonomi memiliki peran masing-masing yang saling menguntungkan. Menurut kodratnya, manusia berperan sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi. Sebagai makhluk sosial, manusia akan berhubungan atau berinteraksi dengan manusia lain. 

Sebagai makhluk ekonomi, manusia akan melakukan kegiatan ekonomi dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai makhluk sosial maupun makhluk ekonomi, manusia hendaknya memiliki etika moral. Dengan etika moral, manusia dapat menghargai setiap kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang lain.

Amatilah pakaian yang kamu kenakan! Bagaimana berlangsungnya proses produksi pakaian? Proses menghasilkan pakaian membutuhkan waktu yang lama. Untuk membuat pakaian produsen pakaian membutuhkan bahan baku berupa kain dan benang. 

Kain dapat diperoleh dari perusahaan pemintalan benang. Bahan baku benang berupa kapas yang dihasilkan dari perkebunan tanaman kapas. Untuk menjadi benang, kapas dipintal terlebih dahulu. Kemudian benang ditenun di pabrik tenun hingga menjadi kain. Selanjutnya, kain dapat dibuat pakaian oleh penjahit. 

Begitulah proses panjang produksi pakaian. Banyak pihak yang terlibat dalam proses produksi ini. Ada petani tanaman kapas, pekerja pemintalan, penenun kain, penjahit, dan pengusaha garmen. Begitu panjangnya proses produksi ini hendaknya kita perlu menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 108

Ayo Renungkan

Apa akibatnya jika kita tidak menghargai kegiatan orang lain dalam usaha ekonomi?
Akan terjadi permusuhan dan pertengkeran dan usaha ekonomi kita sendiri juga tidak akan dihargai oleh orang lain


Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 2 Subtema 3 Halaman 104, 105, 106, 108 yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Halaman 104, 105, 106, 108 Kelas 5 Tema 2"