Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Halaman 23, 24, 26 Tema 3 Kelas 5

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 23, 24, 26 – Kunci Jawaban Buku Tematik siswa kelas 5 tema 3 Pembelajaran 3 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Makanan Sehat subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan pada halaman 23, 24, 26 

Tema 3 Kelas 5 SD/MI Subtema 1 Pembelajaran 3

tema 3 keas 5

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 23

Ayo Berlatih

Jelaskan interaksi sosial dan interaksi dengan lingkungan alam yang terdapat pada lahan pertanian padi.
Jawaban
Interaksi sosial yang terjadi pada lahan pertanian padi terjadi antara pemilik lahan dengan para pekerja yang mengolah tanah dan menanam padi, sedangkan interaksi dengan lingkungan terjadi antara manusia dan tanah (lahan sawah).

Amatilah lingkungan sekelilingmu. Sebutkan interaksi manusia dengan alam yang dapat kamu temukan di sana. Apakah yang tengah dilakukan oleh manusia? Apa pengaruh dari kegiatan manusia terhadap lingkungan alam?
Jawaban
Salah satu kegiatan interaksi manuia dengan alam kegiatan penebangan hutan. Jika penebangan hutan dilakukan dengan sembarangan tentu saja lingkungan alam akan menjadi rusak dan menimbulkan kerugian bagi manusia. 

Ayo Berdiskusi

Ternyata menarik untuk dicermati bahwa terdapat hubungan timbal balik dan saling memengaruhi antara manusia dengan lingkungan hidupnya. 

Bersama dengan teman sekelompokmu, diskusikanlah interaksi yang terjadi di lingkungan sekitarmu, bisa berupa lingkungan rumah atau sekolah. Isilah tabel berikut ini. Tentukan jenis interaksi yang terjadi dengan menjelaskan alasannya.

Tuliskan hasilnya pada tabel seperti berikut ini
Jawaban

Interaksi yang dilakukanInteraksi
Lingkungan Hidup
Interaksi Sosial
Menangkap ikan di lautNelayan dengan laut karena nelayan mengambil ikan yang ada di laut. Selain itu nelayan juga memanfaatkan angin untuk berlayar.Nelayan dan nelayan, serta para pedagang ikan. Nelayan bersama-sama menangkap ikan dan menjualnya kepada para pdagang di pasar ikan.
Bekerja bakti membangun jalan kampungInteraksi antara manusia dengan tanah yang digunakan untuk membangun jalanInteraksi antara warga masyarakat yang ikut bergotong royong membangun jalan.
Kegiatan menyiram tanaman di rumah.Interaksi antara manusia dengan tumbuhan dan juga airInteraksi sodial antara anggota keluarga.
Penghijauan hutanIntraksi antara manusia dengan tumbuhan dan interaksi antara manusia dengan tanahInteraksi antar warga yang ikut dalam kegiatan penghijauan tersebut
Lomba panjat pinangInteraksi antara manusia dengan tumbuhan (pohon pinang) dan tanahInteraksi diantara peserta lomba yang saling berebut untuk mndapatkan hadiah

Ketika kamu mengamati interaksi yang terjadi di lingkungan sekitarmu, identifikasi pihak yang berinteraksi dengan memperhatikan hal-hal berikut.
1. Apakah pihak yang berinteraksi memiliki perbedaan?
2. Berapa usia manusia yang berinteraksi tersebut?
3. Apakah jenis kelamin mereka?
4. Apakah pekerjaan mereka?
5. Berasal dari latar belakang budaya apakah mereka?
6. Apakah agama yang mereka anut?

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 24

Ayo Berkreasi

Indonesia memang dikenal memiliki tingkat keragaman budaya, adat istiadat, dan agama yang tinggi. Berdasarkan hasil pengamatanmu tersebut buatlah sebuah komik sederhana yang mengetengahkan tentang interaksi yang dilakukan manusia. Pastikan tulisanmu menggunakan bahasa Indonesia yang santun dan ejaan yang tepat. 
Warnailah komikmu dengan rapi dan semenarik mungkin.
Jawaban
Jawaban disesuaikan oleh siswa dalam menuliskan informasi yang mereka temukan.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 26

Ayo Mengamati

Untuk mendukung upaya pemerintah tersebut, berikut adalah sebuah iklan tentang singkong sebagai pengganti nasi.
 
Amatilah iklan di bawah ini dengan saksama!

kelas 5 tema 3
Masih ingatkah kamu dengan unsur-unsur dalam sebuah iklan?
Coba kamu identifikasi unsur-unsur iklan dalam iklan tersebut.
Jawaban
kunci jawaban tematik tema 3 kelas 5
Lakukanlah diskusi dengan beberapa orang temanmu yang lain. Bandingkan hasil yang sudah kamu peroleh satu sama lain berkaitan dengan unsur-unsur iklan dalam iklan tersebut.
Jawaban
Jawaban disesuaikan oleh siswa dalam menuliskan informasi yang mereka temukan.


Terima kasih sudah membaca artikel ini, Semoga Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 23, 24, 26 yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca dimanapun kalian berada.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Halaman 23, 24, 26 Tema 3 Kelas 5"