Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 49, 50, 51, 52, 54, 55, 56, 57

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 49, 50, 51, 52, 54, 55, 56, 57 - Buku siswa kelas 6 tema 5 edisi revisi 2018 berjudul Wirausaha pada subtema 1 berjudul Kerja Keras Berbuah Kesuksesan Pembelajaran 5.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Pembelajaran 5


kunci jawaban tematik


Ayo Membaca 


Baca teks berikut ini di dalam hati!

Setelah berkunjung ke arena pameran negara-negara ASEAN, Beni semakin tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut tentang kerja sama antarnegara ASEAN. Beni membaca teks berikut dari Warta Ekspor.

Mendulang Prestasi, Mengembangkan Potensi Ekonomi 

Indonesia kembali dipercaya untuk menyelenggarakan kegiatan akbar SEA Games ke-26. Ini merupakan keempat kalinya Indonesia menjadi tuan rumah festival olahraga terbesar se ASEAN ini setelah sebelumnya di SEA Games 1979, SEA Games 1987, dan SEA Games 1997.

SEA Games ke-26 ini dilaksanakan pada 11-26 November 2011. Upacara pembukaan diselenggarakan secara spektakuler di sepanjang Sungai Musi, sedangkan penutupan di gedung bersejarah, Benteng Kuto Besak (Fort). Bumi Sriwijaya (Palembang) ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan SEA Games di samping Jakarta yang menjadi tuan rumah pendukung.

Dengan demikian, setelah Chiang Mai dan Nakhon Ratchasima di Thailand,salah satu provinsi terbesar di Pulau Sumatera ini akan tercatat sebagai salah satu dari tiga kota yang pernah menyelenggarakan SEA Games di luar ibu kota negara. Dua tahun sebelumnya, Laos yang baru bergabung dengan ASEAN dipercaya menjadi tuan rumah untuk SEA Games ke-25.

Indonesia bertekad menyusul keberhasilan Laos tersebut. Sebanyak 542 medali emas dipertandingkan melalui 44 Cabang olahraga, 22 cabang di dipertandingkan di Palembang dan 24 cabang dipertandingkan di Jakarta.Setidaknya ada tiga sukses yang dapat dicapai Indonesia terkait pelaksanaan SEA GAMES ke-26, yaitu sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, dan sukses dalam peningkatan perekonomian, terutama di dua kota tempat  terselenggaranya acara tersebut, Palembang dan Jakarta.

Peningkatan Sektor Ekonomi 

Dalam hal peningkatan perekonomian, bukan hanya industri besar, penyelenggaraan SEA Games juga berpotensi memajukan perekonomian Sumatera Selatan secara keseluruhan. Menjelang acara, pertumbuhan Ć’onomi provinsi ini mengalami peningkatan hingga 6,4% disebabkan pembangunan fisik sarana dan prasarana SEA Games yang menggunakan tenaga kerja besar-besaran. Persiapan SEA Games terlihat telah meningkatkan geliat ekonomi masyarakat di Palembang dan sekitarnya,setidaknya sejak awal tahun 2011. Geliat ekonomi ini terlihat dari dibangunnya sejumlah hotel baru, terserapnya sekitar 4.000 tenaga buruh untuk pembangunan, serta meningkatnya kegiatan di sentra kerajinan rakyat untuk pembuatan cendera mata. Sekitar 5.000 atlet dari negara di Asia Tenggara, termasuk dari Indonesia akan berpartisipasi dalam ajang ini.

Sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, dan sukses dalam peningkatan  perekonomian tentunya tidak terlepas dari kerja keras dari seluruh pihak.

Sumber: Warta ekspor, DJPEN/MJL/002/08/2011 Edisi Agustus, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (dengan perubahan)

Kunci Jawaban Tematik Halaman 49


Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.

1. Kapan Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan SEA Games?
Jawaban
Indonesia menjadi tuan ruamah SEA Games sudah 4 kali diantaranya:
SEA Games 1979, SEA Games 1987, SEA Games 1997 dan SEA Games 2018

2. Di mana SEA Games ke-26 diselenggarakan?
Jawaban
Jakarta dan Palembang

3. Apa yang kamu ketahui tentang SEA Games?
Jawaban 
SEA Games adalah Ajang olahraga yang diadakan setiap 2 tahun sekali dan melibatkan 11 negara Asia Tenggara.

4. Sebutkan 3 kesuksesan yang akan diraih dalam penyelenggaraan SEA Games.
Jawaban
1.sukses penyelenggaraan, dan sukses dalam peningkatan perekonomian, terutama di dua kota tempat  terselenggaranya acara tersebut, Palembang dan Jakarta.
2.Indonesia telah berhasil menyelenggarakan Asian Games 2018 dengan baik dan lancar.
3.Indonesia telah berhasil meningkatkan Devisa suatu negara karena dalam perayaan SEA Games

5. Apa pengaruh penyelenggaraan SEA Games terhadap pertumbuhan ekonomi Sumatra Selatan? Jelaskan.
Jawaban
Pengaruh SEA Games Pada pertumbuhan ekonomi Sumatera selatan.

Pertama tama SEA Games di sumatera selatan terletak dan diselenggarakan di Kota PalembangPengaruh ekonomi:

1. Menambah lapangan kerja
Perayaan SEA games selalu meriah dan hebat, didalam kemeriahan itu terdapat orang orang yang berjasa bekerja untuk mempersiapkan acara SEA Games

2. Meningkatnya Devisa Negara
Perayaan SEA Games dapat meningkatkan Devisa suatu negara karena dalam perayaan tersebut, banyak negara yang terlibat dalam melaksanakan kegiatan tersebut, maka banyak pula dana yang dikeluarkan oleh negara lain untuk melancarkan serta menyiapkan para atlet atletnya.

3. Membuat Budaya Indonesia (terutama sumatera selatan) semakin dikenal negara lain.
Setiap Wilayah di Indonesia memiliki corak yang berbeda beda satu dengan yang lain. begitu juga dengan Sumatera Selatan, Para pengunjung dari dalam dan luar negeri saat masuk ke kawasan Sumatera Selatan, otomatis mereka pertama tama melihat adat dan corak budaya Sumatera Selatan, maka budaya budaya di Sumatera Selatan akan terkenal oleh negara lain. itu difaktorkan dari penjualan souvenir dan barang barang khas daerah tersebut.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 50, 52


Amati logo pada bendera ASEAN berikut.

ASEAN

Apa informasi yang kamu dapatkan dari bendera dan logo ASEAN tersebut?
Jawaban
Informasi yang saya dapatkan dari bendera serta logo ASEAN tersebut adalah bahwa bendera dari ASEAN melambangkan kestabilan hidup, persatuan, perdamaian dan dinamisme. Adapun pada bagian logo terlihat seperti rumpun berwarna kuning yang diikat menjadi satu. Logo ini bermakna persatuan negara-negara ASEAN.

Amati gambar dan baca teks berikut.

Arti Bendera dan Logo ASEAN

logo ASEAN


Bendera ASEAN melambangka ASEAN yang stabil, penuh perdamaian, bersatu, dan dinamis.Adapun lambang ASEAN berada di tengah bendera ASEAN, sedangkan warna bendera dan lambang ialah biru, merah, putih, dan kuning; masing-masing mewakili warna dasar setiap bendera negara anggota ASEAN.

Warna biru melambangkan perdamaian dan stabilitas, merah  melambangkan semangat dan kedinamisan, putih menunjukkan kesucian, dan kuning merupakan simbol kemakmuran.
Ikatan rumpun padi melambangkan harapan para tokoh pendiri ASEAN agar asosiasi itu secara bersama-sama terikat dalam persahabatan dan kesetiakawanan sosial. Lingkaran melambangkan kesatuan ASEAN.

Tahukah kamu bahwa selain digunakan oleh lembaga atau organisasi, logo juga banyak digunakan oleh wirausaha yang ada di sekitar kita.
Apakah kamu pernah menemukan logo di sekitarmu? Berikan contoh. 
Jawaban
Ya Pernah 
Contoh 
1.Logo sekolah baik SD, SMP, SMA, maupun SMK 
2.Logo pramuka, biasanya terletak pada seragam sekolah.
3.Logo organisasi, misalnya pada OSIS, Karang Taruna 
4.Logo toko yang terdapat pada sekitar lingkungan.
5.Logo kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil.

Apa logo yang paling menarik yang pernah kamu temukan? Jelaskan.
Jawaban
Jawaban disesuaikan dengan siswa yang mendpatkan informasi.

Setelah mengamati contoh logo di atas, sekarang rancanglah logo sesuai keinginanmu. 
Kamu dapat memulai dengan merancang logo individu terlebih dahulu.

Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut.
  • Pilih tema yang kamu inginkan, misalnya tentang persahabatan,kebersihan sekolah, kelompok pencinta lingkungan, kelompok pencinta seni, dan lain-lain.
  • Buat simbol atau gambar yang mewakili tema.
  • Tulis kata atau kalimat yang mewakili tema.
  • Tulis arti dari simbol, gambar, dan warna dari logo.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 55, 57


Selesaikan soal-soal berikut.
1. Hitunglah volume dari bangun berikut.
Jawaban
V = (10 3) + (20 x 10 x 12)
V = 1.000 + 2.400
V = 3.400 cm3

2. Hitung volume dari bangun berikut
Jawaban
V = (5 3) + (9 x 5 x 18)
V = 125 + 810
V = 935 cm3

3. Hitung volume dari bangun berikut.
Jawaban
V = (12 x 5 x 5) + (18 x 5 x 6)
V = 300 + 540
V = 840 cm3

4. Selesaikan soal cerita berikut.
a. Sebuah akuarium berbentuk balok dengan panjang 65 cm, lebar 45 cm, dan tinggi 35 cm. Jika akuarium terisi penuh dengan air, berapakah volume air tersebut?
V = 65 x 45 x 35
V = 102.375 cm3Jadi, volume air tersebut adalah 102.375 cm3.

b. Siti membeli kardus berbentuk balok untuk tempat kado. Kardus tersebut memiliki panjang 30 cm, lebar 10 cm, dan tinggi 7 cm. Berapakah volume kardus tersebut?
V = 30 x 10 x 7
V = 2.100 cm3Jadi, volume kardus tersebut adalah 2.100 cm3.

c. SD Nusantara akan membuat bak pasir untuk olahraga lompat jauh. Bak pasir tersebut mempunyai panjang 8 m, lebar 2,5 m, dan dalam 0,5 m. Bak tersebut akan diisi penuh dengan pasir. Berapa meter kubik pasir yang dibutuhkan untuk mengisi bak tersebut?
V = 8 x 2,5 x 0,5
V = 10 m3Jadi, pasir yang dibutuhkan untuk mengisi bak tersebut adalah 10 m3.

Buatlah saal cerita sendiri tentang volume balok.
Suatu bak truk diketahui membawa sedang membawa pasir sebanyak 63 m3 pasir. Jika panjang bak truk tersebut 7 m dan lebarnya 3 m. Berapakah tinggi bak truk tersebut?
Jawab :
V = p x l x t
63 = 7 x 3 x t
63 = 21 x t
t = 63/21
t = 3 m
Jadi, tinggi bak truk tersebut adalah 3 m


Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 6 Halaman 49, 50, 51, 52, 54, 55, 56, 57


Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa Kelas 6 Tema 5 Kurikulum 2013 (K13) dapat memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 49, 50, 51, 52, 54, 55, 56, 57"