Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Bab 5 Halaman 130, 131

Begewa.com - Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Bab 5 Menyajikan Teks Diskusi Halaman 130, 131

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Bab 5 SMP/MTS Ialah Jawaban soal-soal yang terdapat pada buku bahasa indonesia kelas 9.

Dengan adanya kunci jawaban bahasa indonesia kelas 9 bab 5 ini dapat membantu adik-adik dan rekan guru yang mengajar dan para siswa dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing.

Pada artikel ini, buku yang kami gunakan ialah buku yang bersumber dari Buku Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 revisi 2017.

Kelas 9 SMP/MTS Bab 5 Menyajikan Teks Diskusi


Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 130, 131


Kegiatan 6: Pertanyaan Telaah

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Bab 5 Halaman 130, 131

1. Dapatkah kamu memilih judul lain yang lebih menarik dan lebih meyakinkan menurutmu?
Jawaban
Pembayar Pajak adalah Patriot Bangsa.

2. Apa tujuan pendahuluan dalam teks diskusi ini?
Jawaban
Tujuan pendahuluan untuk memberikan gambaran perihal rendahnya kesadaran membayar pajak.

3. Apakah menurutmu pendahuluan ini sudah efektif? Jelaskan mengapa!
Jawaban
Pendahuluan pada teks dalam buku sudah cukup efektif karena secara tidak langsung memberikan informasi pentingnya membayar pajak bagi rakyat Indonesia daripada berhutang kepada asing.

4. Bagaimana teks diskusi ini disusun?
Jawaban
Teks diskusi disusun dengan urutan:
a. pendahuluan
b. Gagasan utama
c. Alasan pendukung
d. Simpulan

5. Bagaimana teks beralih dari sudut pandang pro ke sudut pandang yang kontra?
Jawaban
Teks beralih dari sudut pandang satu ke sudut pandang lain dengan menggunakan kata penghubung yang tepat.

6. Bagaimana simpulan berkaitan dengan bagian teks lainnya (isi dan pendahuluan)?
Jawaban
Simpulan berkaitan karena merangkum pokok-pokok pikiran dalam paragraf isi maupun pendahuluan.

7. Apa bagian paling efektif dari simpulan? Mengapa?
Jawaban
Bagian efektif dari simpulan dalam teks tersebut adalah Wajib pajak yang patuh membayar pajak adalah patriot bangsa. Simpulan tersebut menyajikan kata-kata atau kalimat yang bisa memberikan perspektif baru bagi pembaca.

8. Diskusi menggunakan kata-kata untuk meyakinkan pembaca agar setuju dengan pandangan mereka. Beberapa kata persuasif yang digunakan dalam teks ini adalah kemandirian, penikmat pajak. Coba, temukan yang lainnya!
Jawaban
Contoh kata persuasif lainnya: berutang, membayar pajak, berpikir, membela negara dan lain-lain.

9. Diskusi menggunakan kata-kata untuk menghubungkan gagasan dalam satu paragraf dan hubungan gagasan antarparagraf. Beberapa kata hubung yang digunakan dalam teks adalah sementara, sayangnya. Dapatkah kamu temukan yang lainnya?
Jawaban
Contoh kata hubung lainnya: serta, di lain pihak, sebelumnya, padahal.

10. Pungtuasi (tanda baca) dan ejaan sangat penting dalam setiap jenis tulisan. Apakah cara penulisan ejaan dan pungtuasi yang digunakan dalam teks ini sudah tepat?
Jawaban
Sudah tepat.
 
11. Apakah teks diskusi ini efektif menggugah pembaca? Jelaskan mengapa!
Jawaban
Sangat efektif. Pada awalnya teks ini menyajikan perihal pentingnya membayar pajak, setelah itu mengutarakan risiko dan bahayanya jika wajib pajak tidak membayar pajak. Negara bisa menjadi penghutang dan membahayakan ekonomi. Setelah itu, teks ini diakhiri dengan ajakan untuk menjadi pembayar pajak yang tertib membayar pajak.

12. Kata-kata yang perlu dicermati (cari maknanya dalam kamus, kamus istilah bidang ilmu, atau ensiklopedia) adalah penerimaan negara, wajib pajak, patuh pajak, penikmat pajak, rasio pajak (tax ratio), sumber daya alam, fasilitas umum, patriot bangsa. 
Jawaban
 a. penerimaan negara : Sejumlah uang atau barang yang diterima oleh pemerintah suatu negara baik yang berasal dari pajak maupun bukan pajak, seperti retribusi, imbal hasil, dan lain sebagainya.

b. wajib pajak: Orang atau badan usaha yang melakukan kegiatan usaha di wilayah suatu negara dan dengan demikian dikenai kewajiban untuk membayar pajak.

c. patuh pajak: Orang dan badan usaha yang melakukan kegiatan usaha di wilayah suatu negara dan rutin membayar pajak seperti yang telah ditetapkan pemerintah negara tersebut sesuai jadwal.

d. penikmat pajak: Masyarakat sebuah negara, baik wajib pajak maupun bukan wajib pajak, yang menikmati pembangunan yang dibiayai oleh pajak.

e. rasio pajak (tax ratio): Perbandingan antara jumlah wajib pajak dengan angkatan kerja di suatu negara.

f. sumber daya alam: Seluruh benda yang berasal dari bumi, air, dan udara sebuah negara yang memiliki nilai ekonomis dan dengan demikian dapat diperjualbelikan.

g. fasilitas umum: Fasilitas yang dibangun oleh pemerintah daerah maupun pusat di sebuah negara dan ditujukan untuk masyarakat atau layanan umum.

h. patriot bangsa: Orang, kelompok, atau badan usaha yang dianggap berjasa bagi sebuah negara dalam kriteria tertentu yang telah ditetapkan sebuah pemerintah negara.


Terima kasih sudah membaca artikel ini, Semoga artikel yang berjudul kunci jawaban bahasa indonesia kelas 9 bab 5 halaman 130, 131 ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Bab 5 Halaman 130, 131"