Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Bab 5 Halaman 141, 142, 143

Begewa.com - Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Bab 5 Menyajikan Teks Diskusi Halaman 141, 142, 143

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Bab 5 SMP/MTS Ialah Jawaban soal-soal yang terdapat pada buku bahasa indonesia kelas 9.

Dengan adanya kunci jawaban bahasa indonesia kelas 9 bab 5 ini dapat membantu adik-adik dan rekan guru yang mengajar dan para siswa dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing.

Pada artikel ini, buku yang kami gunakan ialah buku yang bersumber dari Buku Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 revisi 2017.

Kelas 9 SMP/MTS Bab 5 Menyajikan Teks Diskusi


Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 141, 142, 143


Kegiatan 3: Tugas Menulis

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Bab 5 Halaman 141, 142, 143

Dikandangkan atau Dibebaskan, Haruskah Hewan Dipelihara di Kebun Binatang?

Bagaimana gagasan ini menurutmu? Tulis untuk meyakinkan pembaca dengan pendapatmu.

Perhatikan pernyataan berikut

1. Jika kamu setuju atau tidak setuju atau jika kamu dapat melihat permasalahan dari kedua sudut pandang.

2. Pendahuluan–katakan secara jelas apa yang kamu pikirkan tentang topik itu

3. Pendapatmu–beri alasan atau contoh untuk menjelaskan pendapatmu secara meyakinkan.

4. Simpulan–simpulkan pandangan utama dan komentar akhir pendapatmu.

Lakukan kegiatan berikut.
1. Rencanakan tulisanmu sebelum mulai menulis.
2. Buatlah tulisanmu menarik untuk dibaca.
3. Tulis dalam kalimat efektif dan fokus pada topik.
4. Periksa ejaan dan pungtuasi.
5. Gunakan kata-kata yang meyakinkan pembaca.
6. Mulai suatu paragraf baru untuk setiap gagasan baru.
7. Periksa dan sunting tulisanmu setelah selesai.

Jawaban

Dikandangkan atau Dibebaskan, Haruskah Hewan Dipelihara di Kebun Binatang?


Pendahuluan

Kebun binatang adalah sebuah tempat yang dibuat oleh manusia untuk menjaga keberlangsungan hidup binatang sekaligus menjadi tempat pembelajaran mengenai binatang-binatang di dalamnya.

Gagasan utama sudut pandang pertama

Kebun binatang merupakan tempat yang dibuat untuk menampung binatang. Tujuan penampungan tersebut antara lain untuk penelitian, untuk pembelajaran, hingga untuk memelihara, merawat, dan menjaga kelestarian binatang-binatang di dalamnya.

Kebun binatang pada umumnya dilengkapi oleh fasilitas dan perawat khusus yang membuat kondisi binatang nyaman di dalam kandangnya. Kenyataan tersebut akan mendukung kelestarian binatang yang dirawat, memastikan perkembang biakannya, dan menjauhkan binatang tersebut dari predator dan penyakit di alam liar.

Gagasan utama sudut pandang lain

Sebagian besar binatang yang dapat ditemui dalam sebuah kebun binatang seharusnya tidak berada di kandang, melainkan hidup bebas di alam liar. Dengan kebebasan tersebut, binatang dapat berkembang biak secara alami. Mereka juga dapat berkomunikasi dan mengembangkan hidupnya dengan kawanannya tanpa interupsi manusia.

Simpulan

Manusia, sebagai mahkluk yang memiliki kecerdasan dan akal sehat, memiliki tanggung jawab untuk menjaga kelestarian alam, termasuk keberlangsungan hidup binatang. Meskipun begitu, selama kondisi dari binatang yang ingin dilestarikan masih memungkinkan mereka untuk hidup di alam bebas, sebaiknya binatang tersebut tidak dikekang dalam kandang, melainkan dijaga kelestariannya dalam habitat aslinya.

Permainan Kmoputer - Apakah Mubazir?


Pendahuluan

Permainan komputer telah lama menjadi kontroversi di tengah masyarakat. Ada masyarakat yang berpendapat bahwa kegiatan ini bermanfaat, namun tidak sedikit yang berpendapat sebaliknya. Sebagai buah perkembangan teknologi, permainan komputer sudah sepantasnya menjadi topik yang layak untuk dibahas.

Gagasan utama

Layaknya permainan pada umumnya, permainan komputer pada dasarnya dihadirkan sebagai hiburan semata atau dengan kata lain utnuk menyegarkan pengguna komputer dari aktivitas rutin. Permainan komputer secara sederhana dihadirkan sebagai bentuk digital atau elektronik dari beragam permainan yang sudah lama kita kenal dalam kehidupan nyata. Penggunaan yang tepat dari permainan komputer telah lama terbukti mampu menurunkan atau bahkan menghilangkan tingkat stress pada pengguna komputer. Hal ini tidak hanya ditimbulkan dari pola permainan yang diusung, bahkan faktor-faktor lain seperti unsur audio dan grafis turut memainkan peranan yang penting. Bahkan tidak sedikit para ahli yang berpendapat bahwa keberadaan permainan komputer sangat bermanfaat dalam menumbuhkan kreativitas di kalangan generasi muda. Bahkan tidak sedikit generasi muda saat ini yang menjadikan permainan komputer sebagai salah satu ladang pencarian rezeki. Mereka yang tidak lagi bergantung pada mata pencaharian formal kini beralih pada permainan komputer untuk membentuk masa depan yang cerah, terbebas dari segala masalah finansial yang senantiasa menghantui banyak orang.

Gagasan utama sudut pandang lain

Meski begitu, tidak semua orang memiliki pandangan yang sama. Tidak sedikit orang beranggapan bahwa permainan komputer tidak seharusnya ada. Mereka beranggapan bahwa permainan komputer hanya mendatangkan efek buruk bagi masyarakat, terutama generasi muda. Pendapat ini bukannya tanpa alasan. Tidak sedikit pengguna komputer yang malah menjadi ketagihan dengan permainan komputer dan melekat dengan permainan tersebut sambil melepaskan diri mereka dari kehidupan nyata. Akibatnya, kehidupan dan tugas mereka terbengkalai. Tak jarang permainan komputer malah berubah menjadi kecanduan yang sama bahayanya dengan kecanduan lain seperti rokok dan bahkan narkoba sekalipun. Beberapa orang bahkan dilaporkan dijemput maut ketika menjalankan aktivitas ini. Maka tak heran jika banyak orang yang menentang dengan sangat keras permainan komputer.

Simpulan

Sebagai bagian dari dunia ini, permainan komputer pasti tidak akan lepas dari pro dan kontra. Sesuai dengan peribahasa, tak ada gading yang tak retak, begitu juga dengan permainan komputer. Permainan komputer di satu sisi dapat bermanfaat mulai dari meningkatkan kreativitas hingga menjadi sumber penghasilan. Namun, jika tidak dikelola dengan baik, aktivitas ini hanya akan mendatangkan dampak negatif bagi pihak yang melakukannya.


Terima kasih sudah membaca artikel ini, Semoga artikel yang berjudul kunci jawaban bahasa indonesia kelas 9 bab 5 halaman 141, 142, 143 ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Bab 5 Halaman 141, 142, 143"