Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 82, 83 Bab 3

Begewa.com - Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Bab 3 Menyusun Cerita Pendek Halaman 82, 83

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Bab 3 SMP/MTS Ialah Jawaban soal-soal yang terdapat pada buku bahasa indonesia kelas 9.

Dengan adanya kunci jawaban bahasa indonesia kelas 9 bab 3 ini dapat membantu adik-adik dan rekan guru yang mengajar dan para siswa dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing.

Pada artikel ini, buku yang kami gunakan ialah buku yang bersumber dari Buku Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 revisi 2017.

Kelas 9 SMP/MTS Bab 3 Menyusun Cerita Pendek


Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 82, 83


Isi kotak di sebalh kanan dengan uraian yang tepat berdasarkan cerpen " Anak Rajin dan Pohon pengetahuan"
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 82, 83 Bab 3

Jawaban

Orientasi:

Pengenalan tokoh Mogu secara umum. Mogu adalah seorang anak yang sebatang kara yang hidup dari berladang dan mencari kayu bakar. Meski ia berusia 7 tahun, ia rajin membaca.

Rangkaian peristiwa:

Pada suatu hari Mogu tersesat di hutan dan bertemu dengan Tule, pohon pengetahuan. Tule menguji Mogu tentang kegunaan ilmu pengetahuan. Mogu lolos dan kemudian Tule mengajarkan banyak ilmu pengetahuan kepadanya hingga Mogu menjadi pemuda yang tampan. Tule meminta Mogu mengembara untuk membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan dengan ilmu pengetahuan hingga akhirnya Mogu sampai di Ibu kota. Raja mendengar kepintaran Mogu dan terkesan dengannya.  

Komplikasi:

Namun, pejabat Monda iri pada Mogu. Monda mengajukan pertanyaan kepada Mogu di depan raja. Raja terkagum-kagum dan bertanya kepada Mogu, di mana letak pohon pengetahuan. Mogu pun mengantarkan raja ke Tule dengan satu syarat: tidak memberitahukan siapa pun. Raja ingin belajar pada Tule, tetapi Tule menolaknya karena waktunya hampir habis. Tiba-tiba Monda muncul beserta pasukannya dan meminta Tule mengajarinya juga. Tule menolak dan Monda marah hingga membakar Tule meski telah dihalangi oleh Mogu dan raja.

Resolusi:

Monda dan pengikutnya mendapatkan hukuman dari raja, tetapi mereka disambar petir hingga tewas terbakar. Sebelum meninggal, Tule memberikan buku. Mogu menjadi raja baru bertahun-tahun kemudian.


Terima kasih sudah membaca artikel ini, Semoga artikel yang berjudul kunci jawaban bahasa indonesia kelas 9 bab 3 halaman 82, 83 ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 82, 83 Bab 3"