Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Pkn Kelas 7 Halaman 40, 41 Aktivitas 2.2

Kunci Jawaban Pkn (Ppkn) Kelas 7 Smp/Mts Halaman 40, 41 – Buku Siswa Pkn Kelas 7 Smp/Mts Bab 2 Norma dan Keadilan edisi revisi 2017

Buku siswa yang digunakan sebagai sumber belajar kelas 7 Smp/Mts kurikulum 2013 (k13) Revisi 2017

Didalam pembelajaran Ppkn kelas 7 Smp/mts Bab 2 Norma dan Keadilan, Terdapat beberapa latihan soal yang harus di kerjakan oleh siswa secara mandiri.Untuk membantu mendapatakan jawaban yang tepat.

Kelas 7 Pkn Bab 2 Norma dan Keadilan


Kunci Jawaban PKn Kelas 7 Bab 2 Halaman 40, 41


Aktivitas 2.2



1. Amatilah berbagai norma kesopanan, termasuk kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku di sekitar kalian, baik di lingkungan sekolah, pergaulan, dan masyarakat. Seperti norma kesopanan dalam tata cara berpakaian, tata cara berbicara, tata cara berperilaku (bertamu, ijin keluar kelas). Kebiasaan pulang kampung, saat petani akan memetik hasil bumi, dan yang lain. Sedangkan adat istiadat seperti tata cara membagi warisan, tata cara pemberian nama marga, tata cara menyelesaikan sengketa dalam masyarakat, upacara kelahiran, upacara perkawinan, dan upacara kematian.

Jawaban
Norma kesopanan di daerah pulau jawa dan madura :
1. Menghormati orang tua
2. Duduk di lantai saat orang tua juga duduk dilantai
3. Mencium tangan orang tua saat bepergian atau pulang
4. Mengucapkan salam saat bertemu

Norma adat :
1. Tingkepan
2. 7 bulanan orang hamil
3. Perkawinan adat
4. Upacara selamatan

2. Cari informasi dari berbagai sumber dengan membaca, mengamati, dan mewawancarai tokoh masyarakat/adat tentang apa tingkah laku yang diatur dalam (isi) norma, bagaimana tata cara melaksanakan norma, apa sanksi terhadap pelanggaran norma tersebut.
Jawaban
norma ada berbagai macam jenisnya ..
cara melaksanakan norma dengan baik ialah dengan cara tidak melanggarnya dan berusaha menjauhinya.
setiap norma memiliki hukum yang berbeda , misal :
norma hukum = hukumannya penjara dan sangksi
norma agama = hukumannya neraka 
norma adat = hukumannya dapat berupa dikucili

3. Susun laporan hasil pengamatan dalam bentuk displai atau bahan tayang lain. Lengkapi dengan gambar atau video agar lebih jelas. Kembangkan kreativitas bahan tayang agar menarik.
Jawaban
Laporan Hasil Pengamatan. Laporan adalah keterangan atau informasi yang dikumpulkan, diolah, dan disajikan secara tertulis. laporan dibagi menjadi 5 jenis yaitu laporan diskusi, laporan kegiatan, laporan peristiwa, laporan penelitian, dan laporan perjalanan. kegunaan laporan adalah untuk mengatasi suatu masalah, untuk mengambil keputusan yang efektif, untuk mengetahui kemajuan dan perkembangan masalah, untuk menemukan teknik-tekni baru dan mengadakan pengawasan serta perbaikan. Laporan dapat ditulis dalam bentuk deskripsi, narasi dan eksposisi. Saat membaca laporan hasil pengamatan, kamu harus memperhatikan beberapa hal, yaitu:
1. Tempat Pengamatan 
2. Waktu Pengamatan 
3. Objek yang diamati 
4. Orang yang mengamati 
5.  Hasil Pengamatan

Menulis Laporan
Laporan disajikan dengan kerangka sebagai berikut : Pendahuluan berisi latar belakang sebuah kegiatan dilaksanakanIsi laporan berisi rincian kegiatan yang dilakukan beserta hasilnya. Kegiatan yang dilaporkan lengkap dengan nama, tempat, waktu, dan nama orang yang terlibat dalam kegiatan Laporan diakhiri dengan identitas pembuat laporan. Topik laporan adalah pokok yang dibicarakan dalam laporan.  

Menentukan Isi Laporan Perhatikan contoh laporan di bawa ini :

Dalam rangka memperingati hari Pramuka SD Maju Jaya melakukan kegiatan Persami. Kegiatan Persami di selenggarakan pada tanggal 13 dan 14 Agustus 2011. Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan dengan berbagai lomba, seperti mendirikan tenda, lomba baris-berbaris, lomba semapur, morse, api unggun, dan menjelajah alam.
Isi dari laporan di atas adalah : Isi laporan merupakan keseluruhan yang dibahas dalam laporan. Laporan tersebut membahas kegiatan Persami SD Maju Jaya dalam rangka memperingati hari Pramuka. Jadi isi laporan tersebut adalah peringatan hari Pramuka di SD Suka Maju.

Memperbaiki Laporan Laporan yang baik menggunakan bahasa yang tidak berbelit-belit, efektif, dan struktur kalimat yang tepat. Dengan demikian para pembaca mengetahui isi laporan. Struktur kalimat dalam laporan yang salah harus diperbaiki. Memperbaiki kalimat dalam laporan merupakan kegiatan menyunting. Dengan kata lain menyunting adalah kegiatan memeriksa dan memperbaiki naskah laporan.

Menyunting laporan dapat dilakukan dengan memperhatikan hal-hal berikut : Ketepatan penulisan huruf, kata, lambang bilangan, serta ketepatan penggunaan tanda baca.Ketepatan penggunaan kata-kata untuk mengungkapkan maksud sesuai situasi dan kondisi.Keefektifan kalimat untuk mewakili gagasan atau perasaan penulis yang ingin disampaikan kepada pembaca.Struktur kalimat yang baik harus mengandung S-P.Adanya keterpaduan paragraf. Dari contoh laporan di atas maka dapat kita lakukan perbaikan pada kalimat “Kegiatan Persami di selenggarakan pada tanggal 13 dan 14 Agustus 2011″  menjadi “Kegiatan Persami diselenggarakan pada tanggal 13 dan 14 Agustus 2011″ ( Penulisan diselenggarakan tidak dipisah karena bukan kata depan).

Menyunting laporan harus memperhatikan keterpaduan paragraf. Laporan yang belum lengkap atau rumpang dapat kita lengkapi dengan paragraf atau kalimat yang sesuai. Contoh : Tempat Pengamatan Tujuan Pengamatan Waktu pengamatan Pukul Hasil pengamatan      :………….. Untuk melengkapi hasil pengamatan di atas dapat kita lengkapi dengan kegiatan-kegiatan yang terjadi di Pasar Demangan, misalnya. Pasar Demangan sangat ramai. Banyak penjual dan pembeli berdatangan. Di Pasar Demangan terdapat berbagai macam kebutuhan rumah tangga dan sembako..

4. Sajikan hasil pengamatan kalian dalam pameran kelas atau di depan kelas.
Jawaban
Untuk Nomor 4 silakan klian sajikan pengamatan kalian di depan kelas masing-masing.

5. Bandingkan hasil tugas kalian dengan teman di kelas. Seandainya hasil tugas teman kalian lebih bagus, maka menjadi bahan masukan untuk tugas berikutnya.
Jawaban
Untuk Nomor 5 kalian di minta untuk membandingkan hasil tugas kalian dengan teman sekelas.

Baca Juga : Kunci Jawaban Pkn Kelas 7 Bab 2 Halaman 43

Terima kasih sudah membaca artikel ini, Semoga artikel yang berjudul kunci jawaban Pkn kelas 7 bab 2 halaman 40, 41 ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Pkn Kelas 7 Halaman 40, 41 Aktivitas 2.2"