Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Bab 2 Halaman 31 Aktivitas 2.2

Kunci Jawaban Buku Siswa Pkn Kelas 8 Halaman 31 - Kunci jawaban Ppkn Kelas 8 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 8 Bab 2 Menumbuhkan Kesadaran terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Halaman 31.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Kelas 8 Bab 2 SMP/MTS Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada buku paket Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 8 SMP/MTS dalam melatih keterampilan menjawab soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Pkn) yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR)

Kelas 8 Bab 2 Menumbuhkan Kesadaran terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945


Kunci Jawaban Pkn Kelas 8 Bab 2 Halaman 31


Aktivitas 2.2

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Bab 2 Halaman 31 Aktivitas 2.2

Diskusikan dalam kelompok, apa akibatnya apabila Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 diubah. Bagaimana sikap kalian terhadap hal ini?

Jawaban 1

Akibat jika dilakukan perubahan terhadap Pembukaan UUD 1945 adalah sebagai berikut. 

1. Pancasila akan berubah atau hilang.
2. Pemerintah tidak lagi terikat pada kewajiban memajukan kesejahteraan umum, meningkatkan kualitas pendidikan, menjaga ketertiban dunia dll.
3. Kemerdekaan kita sebagai manusia dapat dirampas 
  
Jawaban 2 

Dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 terdapat 4 alinea yang memuat tentang : 
1. pokok-pokok pikiran yang diciptakandan diwujudkan dalam pasal-pasal UUD 1945
2. Pengakuan kemerdekaan hak segala bangsa
3. Cita-cita Nasional
4. pernyataan kemerdekaan
5. Tujuan negara
6. Kedaulatan rakyat
7. Dasar Negara Indonesia
 
Jawaban 3 

Perlu diketahui, bahwa di dalam pembukaan UUD 1945, terdapat Rumusan Dasar Negara yang otentik atau asli, Dasar Negara ini ibarat pondasi dasar dalam sebuah banguna, maka ketika sebuah pondasi diubah atau justru dihilangkan, bangunan tersebut akan rawan runtuh dan hancur.

 
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban Pkn kelas 8 Bab 2 Menumbuhkan Kesadaran terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 halaman 31 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Bab 2 Halaman 31 Aktivitas 2.2"