Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Bab 3 Halaman 57 Aktivitas 3.1

Kunci Jawaban Buku Siswa Pkn Kelas 8 Halaman 57 - Kunci jawaban Ppkn Kelas 8 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 8 Bab 3 Memaknai Peraturan Perundang-undangan Halaman 57.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Kelas 8 Bab 3 SMP/MTS Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada buku paket Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 8 SMP/MTS dalam melatih keterampilan menjawab soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Pkn) yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR)

Kelas 8 Bab 3 Memaknai Peraturan Perundang-undangan 


Kunci Jawaban Pkn Kelas 8 Bab 3 Halaman 57


Aktivitas 3.1 

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Bab 3 Halaman 57 Aktivitas 3.1


Setelah kalian mencari informasi dengan membaca wacana materi di atas dan sumber belajar lain tentang hakikat peraturan perundang-undangan, tulislah apa yang sudah kalian ketahui ke dalam tabel berikut.

Jawaban Tabel 3.3 Makna Tata Urutan Peraturan Perundang-undangan


1. Pengertian peraturan perundang-undangan.

Uraian :

Peraturan perundang-undangan hanya merupakan sebagian dari hukum-hukum.Ada yang bersifat tertulis dan tidak tertulis.Hukum tidak tertulis yang dilaksanakan dalam praktik penyelenggarakan Negara dinamakan konvensi,sedangkan hukum tidak tertulis dinamakan hukum adat.

2. Prinsip-prinsip dalam hierarki peraturan perundang-undangan.

Uraian :

Peraturan perundang-undangan Nasional memiliki prinsip Undang-Undang nomor 12 Tahun 2011, tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan sebagai pengganti Undang-Undang nomor 10 Tahun 2004.

3. Tata urutan peraturan perundang-undangan di Indonesia.

Uraian :

A)UUD1945

UUD 1945 ini bersifat singkat hanya memuat 37 pasal ditambah beberapa pasal aturan peralihan dan aturan tambahan.Dalam hal ini UUD1945 hanya2 memuat aturan-aturan pokok atau garis besar sebagai instruksi kepada pemerintah pusat dan penyelenggara Negara untuk menyeoenggarakan kehidupan bernegara.

B)Ketetapan MPR

Ketetapan MPR merupakan peraturan perundangan yang dibuat setelah UUD 1945,peraturan ini dibuat berdasarkan keputusan bersama anggota MPR.Setelah keputusan MPR sufah disepakati baru dibentuk Undang-Undang,dan begitu seterusnya.

C)Undang-Undang(UU)

Undang-Undang dibentuk berdasarkan anggota DPR dengan persetujuan bersama Presiden.

D)PeraturanPemerintah

Peraturan pemerintah adalah peraturan perundangan yang ditetapkan oleh Presiden untuk menjalankan undang-undang sebagaimana mestinya sesuai dengan pasal 1 nomor 12 tahun 2011

E)Peraturan Presiden

Peraturan Presiden dibuat oleh Kepala Negara sendiri untuk menjalankan perintah peraturan perundangan yang lebih tinggi dalam menyelenggarakan kekuasaan pemerintahan

F)Peraturan Daerah Provinsi

Peraturan ini dibuat oleh Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi dengan persetujuan bersama Gubernur.

G)Peraturan Daerah Kabupaten

Peraturan daerah kabupaten dibentuk oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten dengan persetujuan bersama Bupati.

4. Sebutkan manfaat peraturan perundang-undangan!

Peraturan perundangan tidak hanya mempunyai fungsi yang sangat penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.Akan tetapi ada banyak manfaat yang diperoleh warga negara Indonesia yaitu;
A)Memberikan kepastian hukum bagi warga negara
B)Melindungi dan mengayomi hak-hak warga negara
C)Memberikan rasa keadilan bagi warga negara
D)Menciptakan ketertiban dan ketentraman

5. Sebutkan tiga unsur penting dalam peraturan perundang-undangan

Uraian :

A)Produk hukum harus bersifat tertulis
B)Produk hukum harus mengikat secara umum
C)Produk hukum dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang.

Baca juga : Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Bab 3 Halaman 62
 
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban Pkn kelas 8 Bab 3 Memaknai Peraturan Perundang-undangan halaman 57 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Bab 3 Halaman 57 Aktivitas 3.1"