Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Bab 3 Halaman 73 Uji Kompetensi 3

Kunci Jawaban Buku Siswa Pkn Kelas 8 Halaman 73, 74 - Kunci jawaban Ppkn Kelas 8 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 8 Bab 3 Memaknai Peraturan Perundang-undangan Halaman 73,74

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Kelas 8 Bab 3 SMP/MTS Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada buku paket Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 8 SMP/MTS dalam melatih keterampilan menjawab soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Pkn) yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR)

Kelas 8 Bab 3 Memaknai Peraturan Perundang-undangan 


Kunci Jawaban Pkn Kelas 8 Bab 3 Halaman 73, 74


Uji Kompetensi 3

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Bab 3 Halaman 73 Uji Kompetensi 3

Hukum senantiasa ada dalam kehidupan masyarakat. Hukum itu mengikat seluruh anggota masyarakat. Adakah suatu masyarakat tanpa hukum? Tidak ada, sekalipun masyarakat tersebut hidup dalam suasana yang amat sederhana, terpencil dan tidak terpengaruh oleh teknologi. 

Demikian juga dalam masyarakat perkotaan, nilai-nilai hukum mengikat dan harus dipatuhi oleh warganya. Dalam hidup bernegara, hukum menjadi alat untuk menciptakan ketertiban dan keadilan. 

Suatu masyarakat/negara pastilah hidupnya akan kacau apabila hukum tidak dilaksanakan oleh masyarakat tersebut.
Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar!

1. Mengapa suatu masyarakat bisa kacau jika tidak ada hukum ?

Karena hukum merupakan pedoman bagi masyarakat agar dapat berperilaku secara teratur dalam lingkungan. Sehingga apabila hukum dihilangkan maka kehidupan dan perilaku masyarakat menjadi tidak teratur dan salah arah.

2. Bagaimana sebuah hukum dapat menciptakan ketertiban dan keadilan? Berikan contohnya!

Sebuah hukum dapat menciptakan ketertiban dan keadilan, karena seluruh masyarakat memiliki kedudukan yang sama di mata hukum. Contohnya seorang pejabat pemerintahan dan rakyat biasa yang sedang disidang, keduanya memiliki hak dan kedudukan yang sama di depan hakim peradilan.


3. Bagaimana sebuah peraturan negara dibuat dan cara menyebarluaskannya pada masyarakat?

Sebuah peraturan negara dibuat setelah melalui proses yang panjang mulai dari perencanaan, penyusunan, pembahasan, pengesahan, dan pengundangan. Cara menyebarluaskannya dilakukan oleh menteri atau pimpinan lembaga pemerintah non departemen yang berkoordinasi dengan kementrian komunikasi dan informasi.

4. Jika kalian adalah pembuat peraturan, bagaimanakah caranya agar masyarakat mau mematuhi aturan yang telah dibuat?

- Harus ada sanksi yang Tegas dan Mengikat
- Aturan tersebut tidak melanggar Hak Asasi Manusia
- Aturan tersebut tidak mengurangi Nilai-Nilai Moral 
- Dengan mempublikasikan manfaat dari peraturan tersebut dan sanksinya

5. Gambarkan dua buah situasi, dimana yang pertama masyarakatnya mematuhi hukum sedangkan yang lainnya tidak mematuhi hukum, berikan opini kalian dengan memberi alasan siatuasi mana yang akan dipilih.

- Situasi Pertama : Pengendara taat dalam berkendara dengan mematuhi traffic light dan berhenti saat rambu berwarna merah

- Situasi Kedua : Pengendara menerobos traffic light berwarna merah dan terjadi kecelakaan
Opini :

Situasi yang dipilih iyalah situasi yang pertama dengan mematuhi traffic light, karena di situasi kedua dapat terjadi hal buruk apabila tidak mematuhi traffic light. Inilah pentingnya taat hukum.



Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban Pkn kelas 8 Bab 3 Memaknai Peraturan Perundang-undangan halaman 73 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Bab 3 Halaman 73 Uji Kompetensi 3"