Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Bab 4 Halaman 76,77 Tabel 4.1 Daftar Pertayaan

Kunci Jawaban Buku Siswa Pkn Kelas 8 Halaman 76,77 - Kunci jawaban Ppkn Kelas 8 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 8 Bab 4 Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908 Halaman 76,77.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Kelas 8 Bab 4 SMP/MTS Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada buku paket Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 8 SMP/MTS dalam melatih keterampilan menjawab soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Pkn) yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR)

Kelas 8 Bab 4 Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908 


Kunci Jawaban Pkn Kelas 8 Bab 4 Halaman 76,77


Tabel 4.1 Daftar Pertanyaan


Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Bab 4 Halaman 76,77 Tabel 4.1 Daftar Pertayaan


1. Sebut dan jelaskan arti penting dari Kebangkitan Nasional ?

Kebangkitan nasional memiliki arti penting sebagai titik balik dan momentum dalam mengubah paradigma perjuangan bangsa Indonesia yang sebelumnya bersifat kedaerahan menjadi bersifat nasional.

2. Bagaimana sifat perjuangan bangsa Indonesia sebelum tahun 1908 ?

Perjuangan bangsa Indonesia lebih menitik beratkan pada perjuangan kedaerahan, maksudnya bahwa tiap-tiap daerah berusaha menjaga wilayahnya sendiri dan bukan berusaha menjaga Indonesia.

3. Salah satu pahlawan Indonesia yang berjuang sebelum tahun 1908 adalah Kapitan Pattimura. Jelaskan yang kamu ketahui tentang pahlawan tersebut ?

Kapitan Pattimura adalah seorang Pahlawan Nasional Maluku yang lahir tahun 1783. Ia merupakan pahlawan yang ikut memberontak melawan VOC, dan akhirnya meninggal pada usia 34 tahun (1817).

4. Organisasi Boedi Oetomo adalah organisasi pertama yang menandakan peristiwa kebangkitan nasional, siapakah pendiri organisasi tersebut?

Pendiri organisasi Boedi Oetomo adalah Dr. Soetomo dan para mahasiswa STOVIA.

5. Setelah terbentuknya organisasi Budi Utomo, banyak organisasi-organisasi yang kemudian bermunculan. Sebutkan organisasi yang lahir setelah 1908 sebagai organisasi pergerakan nasional!

Beberapa organisasi yang lahir sebagai pergerakan nasional adalah Budi Utomo, Sarekat Islam, dan Indische Partij.

Baca juga : Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Bab 4 Halaman 79

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban Pkn kelas 8 Bab 4 Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908 halaman 76,77 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Bab 4 Halaman 76,77 Tabel 4.1 Daftar Pertayaan"