Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Bab 2 Halaman 33 Pendapat atau Pertanyaan

Kunci Jawaban Buku Siswa Ppkn Kelas 9 Halaman 33 - Kunci jawaban Ppkn Kelas 9 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 9 Bab 2 Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Halaman 33.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Kelas 9 Bab 2 SMP/MTS Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada buku paket Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 9 SMP/MTS dalam melatih keterampilan menjawab soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Ppkn) yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR)

Kelas 9 Bab 2 Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945


Kunci Jawaban Ppkn Kelas 9 Bab 2 halaman 33 


Pendapat atau Pertanyaan

Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Bab 2 Halaman 33 Pendapat atau Pertanyaan

1. Siapakah yang menyusun Pembukaan UUD 1945? 

UUD 1945 disusun dan dirumuskan oleh BPUPKI. Kemudian UUD 1945 disahkan sebagai sumber hukum tertinggi oleh PPKI.

2. Bagaimana kedudukan dan fungsi Pembukaan UUD 1945? 

Kedudukan dari Pembukaan UUD 1945 adalah sebagai sumber hukum tertinggi. Pembukaan UUD 1945 memiliki fungsi sebagai alat pengontrol terhadap norma-norma hukum yang lebih rendah.

3. Apakah isi yang terkandung di dalam Pembukaan UUD 1945 alinea pertama? 

Pada alinea pertama UUD 1945, bangsa Indonesia menyatakan secara tegas bahwa bangsa Indonesia menolak segala bentuk penjajahan. Selain itu bangsa Indonesia akan berupaya sekuat tenaga untuk melawan segala bentuk penjajahan di Indonesia.

4. Kenapa Pembukaan UUD 1945 tidak dapat diubah? 

Pembukaan UUD 1945 tidak dapat diubah karena berisi dasar negara dan ideologi negara

5. Bagaimana hubungannya antara Pembukaan UUD 1945 dan Pancasila? 

Pancasila berisi nilai-nilai yang menjadi pedoman seluruh rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara. Kemudian nilai-nilai yang ada di dalam Pancasila dijabarkan di dalam Pembukaan  UUD 1945 sebagai hukum tertulis dan menjadi sumber dari segala hukum yang berlaku di Indonesia.

Baca juga : Kunci Jawaban Ppkn Kelas 9 Bab 2 halaman 34 Tugas Mandiri 2.1 

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban Pkn kelas 9 Bab 2 Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 halaman 33 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada. 

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Bab 2 Halaman 33 Pendapat atau Pertanyaan"