Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Bab 6 Halaman 178 Tugas Mandiri 6.4

Kunci Jawaban Buku Siswa Ppkn Kelas 9 Halaman 178 - Kunci jawaban Ppkn Kelas 9 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 9 Bab 6 Bela Negara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia Halaman 178.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Kelas 9 Bab 6 SMP/MTS Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada buku paket Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 9 SMP/MTS dalam melatih keterampilan menjawab soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Ppkn) yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR)

Kelas 9 Bab 6 Bela Negara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia


Kunci Jawaban Ppkn Kelas 9 Bab 6 halaman 178


Tugas Mandiri 6.4

Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Bab 6 Halaman 178 Tugas Mandiri 6.4

Setelah kalian membaca uraian materi pada bagian ini, coba kalian analisis tentang bentuk-bentuk bela negara menurut UU No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara. Apabila sudah selesai, komunikasikanlah dengan temanmu dan mintalah bimbingan dari guru.

1. Bentuk-Bentuk Bela Negara : Pendidikan Kewarganegaraan
Alasan termasuk Bentuk Bela Negara :  Ada beberapa hal yang bisa kita ambil dari hubungan antara mata pelajaran PPKn dengan  pembelaan Negara, yaitu :
- Ketika seseorang mampu mengenal struktur negaranya, maka mereka akan mengenal negaranya lebih baik lagi 
- Dengan mengenal dasar-dasar falasafah pendirian dan pelaksanaagn pemerintahan negera republik Indonesia, maka hal ini akan membuat mereka menjadi lebih cinta dengan Negara Indonesia
Hal ini akan menimbulkan rasa kecintaan terhadap Negara yang tinggi, yang akan membuat warga Negara mau secara sukarela melakukan tindakan pembelaan terhadap Negara.

2. Bentuk-Bentuk Bela Negara : Pelatihan dasar kemiliteran
Alasan termasuk Bentuk Bela Negara : Wajib militer pada era perang dunia merupakan salah satu hal yang dipaksakan untuk meningkatkan rasa kepedulian dan kecntaan terhadap Negara. Wajib militer mengharuskan masyarakat dan warga Negara mengikuti pelatihan militer, sehingga dengan pelatihan militer ini, masyarakat bisa turut melakukan pembelaan terhadap Negara dengan membawa senjata. Saat ini, wajib militer memang sudah tidak digalakkan lagi, namun demikian wacana mengenai bela Negara masih terus bergulir. Mengikuti kegiatan kepramukaan termasuk salah satu wujud bela negara.

3. Bentuk-Bentuk Bela Negara : Pengabdian sebagai prajurit Tni/Polri
Alasan termasuk Bentuk Bela Negara : Salah satu cara paling mudah untuk melakukan upaya-upaya dalam pembelaan Negara adalah bergabung ke dalam anggota TNI atau tentara Nasional Indonesia. Dengan mengabdi sebagai prajurit TNI/Polri ketika secara otomatis menjadi bagian penting dalam menjaga keamanan negara.

Dengan bergabung dengan satuan Tentara Nasional Indonesia, maka banyak manfaat yang akan diperoleh, seperti :
1. Pembelaan terhadap Negara secara real, dengan mengangkat senjata
2. Menjadi lebih cinta, dan juga peduli terhadap Negara
3. Mampu berkomitmen dalam membela Negara
4. Selain mengabdi kepada Negara, anggota juga turut mengabdi dan mengayomi masyarakat, sehingga dapat menciptakan rasa aman dari serangan-serangan musuh

4. Bentuk-Bentuk Bela Negara : Pengabdian sesuai profesi
Alasan termasuk Bentuk Bela Negara : Pengabdian berikutnya yang merupakan salah satu upaya-upaya dalam pembelaan Negara adalah pengabdian profesi. Contoh pengabdian:
1. Satuan Kepolisian Republik Indonesia (POLRI)
2. Tim SAR (Search and Rescue)
3. Pemadam Kebakaran (Fire Fighters)
4. Satuan pengamanan (Satpam)
5. Linmas (satuan perlindungan Masyarakat)

Dan berbagai macam satuan pengamanan dan pembelaan Negara lainnya, yang merupakan profesi secara resmi dan juga sah

Baca juga : Kunci Jawaban Ppkn Kelas 9 Bab 6 halaman 181 Tugas Kelompok 6.3 

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban Pkn kelas 9 Bab 6 Bela Negara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia halaman 178 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PPKN Kelas 9 Bab 6 Halaman 178 Tugas Mandiri 6.4"